Kamis 26 Maret 2020, 16:45 WIB

Kasus Covid-19 Meningkat, Kasus DBD juga Terus Melonjak

Atalya Puspa | Humaniora
Kasus Covid-19 Meningkat, Kasus DBD juga Terus Melonjak

Antara
Penyemprotan untuk mengurangi kasus DBD

 

Di tengah ancaman pandemi covid-19, angka kasus demam berdarah dengue (DBD) juga semakin meningkat. Kementerian Kesehatan mencatat dari Januari hingga 24 Maret 2020, terdapat 34.451 kasus DBD dengan total kematian sebanyak 212 orang.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Tular Vektor dan Zoonotik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi memastikan mewabahnya covid-19 di Indonesia tidak memengaruhi penanganan DBD.

"Penanganan DBD tidak berpengaruh karena adanya covid-19. Hanya saja, masyarakat juga harus waspada adanya DBD ini," kata Nadia kepada Media Indonesia, Kamis (26/3).

Berdasarkan data Kemenkes, lima provinsi yang memiliki kasus DBD tertinggi adalah Jawa Barat sebanyak 5.894 kasus, NTT 3.595 kasus, Lampung 3.408 kasus, Jawa Timur 2.776 kasus, dan Bali 2.173 kasus.

Baca juga: Kerawanan DBD Tidak Kalah Dibanding Korona

Nadia menuturkan lonjakan kasus di Jawa Barat dipengaruhi dari faktor musiman. "Ini memang musim penularan DBD. Mungkin kasus awalnya sedikit, tetapi tidak segera ditanggulangi di Jawa Barat," tuturnya.

Untuk itu, Nadia mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan serangkaian upaya pencegahan DBD. Pertama, masyarakat harus melakukan upaya pemberantasan sarang nyamuk dengan memberikan larvasida atau abate pada tempat-tempat perindukan nyamuk, baik di dalam rumah maupun di luar rumah.

"Mencegah gigitan nyamuk di pagi dan sore hari dengan menggunakan lotion atau penyemprot nyamuk rumah tangga. Kerja bakti di kantor, sekolah, dan tempat umum lainnya termasuk pasar dan musala," katanya.

Di samping itu, pencegahan juga harus dilakukan di level pemerintah daerah dengan cara melakukan pemantauan. Apabila ada peningkatan kasus orang yang demam, lanjutnya, langsung lakukan intervensi lingkungan.

"Petugas kesehatan harus memastikan bukan demam berdarah dengue atau DBD pada pasien yang datang ke Fasyankes karena saat ini adalah musim penularan DBD," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Novrian Arbi

Aturan Teknis Resmi Berlaku, Begini Cara Daerah Ajukan PSBB

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 04 April 2020, 21:25 WIB
"Ya, sudah diteken Menkes. Jadi Permenkes no. 9 tahun 2020," kata Kepala Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Kementerian...
Dok. BIN

BIN Donasikan Alkes kepada RSUP Persahabatan

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 04 April 2020, 20:13 WIB
Bantuan itu merupakan langkah nyata dan bentuk kolaboratif dalam membantu penanganan...
Istimewa

Gas Hidrogen Disebut Bermanfaat untuk Bantu Pasien Covid-19

👤Wisnu AS 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:23 WIB
Sitokin atau protein kecil berfungsi dalam sistem...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya