Kamis 26 Maret 2020, 16:40 WIB

Pemerintah Perlu Turunkan Tarif Listrik

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Pemerintah Perlu Turunkan Tarif Listrik

MI/Adi Maulana
Petugas memeriksa meteran listrik

 

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) usulkan pemerintah untuk menurunkan tarif listrik kepada warga, terutama  yang mendapatkan penghasilan harian. Hal itu secara ekonomi sangat berdampak terhadap pendapatan masyarakat, khususnya untuk masyarakat rentan, yang pendapatannya berbasis harian.

Ketua Harian YLKI, Tulus Abadi mengatakan pemerintah harus memikirkan kelompok ini dan sudah seharusnya pemerintah memberikan kompensasi agar daya beli mereka tidak tergerus mengingat wabah virus korona atau Covid-19 statusnya sudah pandemi.

"Terkait dengan hal itu, YLKI mengusulkan agar struktur tarif listrik diturunkan, khususnya untuk golongan 900 VA, bahkan kalau perlu golongan 1.300 VA," kata Tulus kepada Media Indonesia, Kamis (26/3).

Diketahui, struktur tarif berdasar keekonomiannya non subsidi berkisar Rp1.352 per kWh. YLKI mengusulkan agar struktur tarif tersebut diturunkan minimal Rp100 per kWh.

Adapun masa penurunan yang diharapkan selama 3 hingga 6 bulan ke depan, atau bergantung pada lamanya wabah Covid itu sendiri.

"Terlebih harga minyak mentah di pasaran dunia saat ini sedang turun, sehingga momen untuk menurunkan tarif listrik tidak terlalu mengganggu Baya Pokok Penyediaan (BPP) listrik," jelas Tulus.

Dengan begitu dirinya berharap bisa mengurangi beban ekonomi masyarakat rentan yang terdampak akibat wabah virus korona. (E-1)

Baca Juga

Antara/Ampelsa

Mendag Minta Pemda Jaga Ketersediaan Kebutuhan masyarakat

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 04 April 2020, 22:44 WIB
Agus meminta Pemda terkait membuka akses pengantaran (kurir) atau distribusi barang baik barang kebutuhan pokok dan alat-alat kesehatan...
ISTIMEWA

8,5 Juta Pelanggan Sudah Dapat Nikmati Token Listrik Gratis

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:07 WIB
Khusus 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar...
ANTARA

Menaker Pastikan Pekerja Kena PHK Dapat Insentif Selama 4 Bulan

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:45 WIB
Pemerintah terus berusaha menekan dampak pandemi virus korona (Covid-19), salah satunya dengan memberikan bantuan kepada pekerja yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya