Kamis 26 Maret 2020, 13:55 WIB

DPR Potensial Perpanjangan Masa "Libur"

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
DPR Potensial Perpanjangan Masa "Libur"

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Rapat Paripurna DPR

 

PEMBUKAAN Masa Sidang III tahun 2019--2020 DPR RI berpotensi kembali ditunda. Hal itu karena hingga saat ini wabah Covid-19 masih belum mereda.

"Kemungkinan begitu (kembali ditunda). Tapi akan kita rapatkan lagi dulu," ujar anggota Badan Musyawarah (Bamus)DPR, Willy Aditya, ketika dihubugi, Kamis, (26/3).

Willy mengatakan rapat akan dilakukan pada hari Minggu (29/3) oleh pimpinan DPR serta fraksi dan alat kelengkapan DPR. Rapat dilakukan secara virtual dari jarak jauh.

"Minggu akan ditentukan apakah akan diperpanjang (reses) atau tidak. Akan dipikrkan juga tak-tiknya nanti apakah paripurna itu bisa dijalankan atau tidak. Kalau tidak dijalankan apakah rapatnya bisa virtual kemudian keputusan juga apakah bisa melalui pimpinan di virtual bisa disepakati," ujar Willy.

Baca juga: Covid-19 Jadi Alasan DPR Perpanjang Masa Reses

Rapat nantinya juga akan membahas hal mengenai alokasi anggaran untuk penanggulangan Covid-19. Nantinya akan ditentukan mekanisme untuk menetapkan beberapa perubahan pos anggaran yang akan disalurkan untuk Covid-19.

"Akan ditentukan apakah bisa melalui Perppu atau harus melalui rancangan undang-undang (RUU). Kalau di UUD kan harus melalui RUU. Ini akan jadi pembahasan yang cukup intensif," ujar Willy.

Sementara itu, Anggota DPR Fraksi PPP, Arsul Sani, mengatakan bahwa PPP mengusulkan agar pembukaan sidang tidak ditunda. Namun, protokol pencegahan penyebaran korona harus dilakukan dengan ketat.

"Masa sidang ketiga ini sudah diputuskan akan dimulai pada tgl 30 Maret nanti. Saya mengusulkan agar tidak ditunda. Namun protokol pencegahan Covid 19 harus ditetapkan secara ketat. Misalnya jarak antar tempat duduk harus dikosong 1--2 kursi," ujar Arsul.(OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Mahfud Tegaskan tak Ada Rencana Bebaskan Napi Koruptor

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 04 April 2020, 22:49 WIB
Mahfud menjelaskan, sejak 2015 silam, memang Presiden Joko Widodo menyatakan tidak akan mengubah untuk merevisi PP 99 tahun 2012....
Antara/Indrianto Eko Suwarso

KPK : Arminsyah Salah Satu Jaksa Terbaik

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 04 April 2020, 21:39 WIB
Ali Fikri yang juga berlatar belakang sebagai jaksa di KPK itu menyatakan sosok Arminsyah merupakan panutan bagi para...
MI/AGUS MULYAWAN

Hasil Rapid Test, 3 Pegawai dan 1 OB di DPR Positif Covid-19

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:22 WIB
Indra menuturkan, keempat orang yang terindikasi positif korona melalui rapid test tersebut belum bisa 100% dikatakan sebagai pasien...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya