Kamis 26 Maret 2020, 13:55 WIB

DPR Potensial Perpanjangan Masa "Libur"

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
DPR Potensial Perpanjangan Masa "Libur"

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Rapat Paripurna DPR

 

PEMBUKAAN Masa Sidang III tahun 2019--2020 DPR RI berpotensi kembali ditunda. Hal itu karena hingga saat ini wabah Covid-19 masih belum mereda.

"Kemungkinan begitu (kembali ditunda). Tapi akan kita rapatkan lagi dulu," ujar anggota Badan Musyawarah (Bamus)DPR, Willy Aditya, ketika dihubugi, Kamis, (26/3).

Willy mengatakan rapat akan dilakukan pada hari Minggu (29/3) oleh pimpinan DPR serta fraksi dan alat kelengkapan DPR. Rapat dilakukan secara virtual dari jarak jauh.

"Minggu akan ditentukan apakah akan diperpanjang (reses) atau tidak. Akan dipikrkan juga tak-tiknya nanti apakah paripurna itu bisa dijalankan atau tidak. Kalau tidak dijalankan apakah rapatnya bisa virtual kemudian keputusan juga apakah bisa melalui pimpinan di virtual bisa disepakati," ujar Willy.

Baca juga: Covid-19 Jadi Alasan DPR Perpanjang Masa Reses

Rapat nantinya juga akan membahas hal mengenai alokasi anggaran untuk penanggulangan Covid-19. Nantinya akan ditentukan mekanisme untuk menetapkan beberapa perubahan pos anggaran yang akan disalurkan untuk Covid-19.

"Akan ditentukan apakah bisa melalui Perppu atau harus melalui rancangan undang-undang (RUU). Kalau di UUD kan harus melalui RUU. Ini akan jadi pembahasan yang cukup intensif," ujar Willy.

Sementara itu, Anggota DPR Fraksi PPP, Arsul Sani, mengatakan bahwa PPP mengusulkan agar pembukaan sidang tidak ditunda. Namun, protokol pencegahan penyebaran korona harus dilakukan dengan ketat.

"Masa sidang ketiga ini sudah diputuskan akan dimulai pada tgl 30 Maret nanti. Saya mengusulkan agar tidak ditunda. Namun protokol pencegahan Covid 19 harus ditetapkan secara ketat. Misalnya jarak antar tempat duduk harus dikosong 1--2 kursi," ujar Arsul.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

ICW Desak Kasus Jaksa Pinangki Ditelusuri Hingga ke MA

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 17:00 WIB
Muncul dugaan bahwa Pinangki memiliki relasi dengan oknum di Mahkamah Agung, sehingga bisa menjanjikan memberikan bantuan berupa fatwa bagi...
Istimewa

Deklarasi KAMI Bukan untuk Membuat Kisruh

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 16:30 WIB
SEJUMLAH tokoh akan mendeklarasikan berdirinya Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Gerakan  moral ini untuk mengembangkan...
MI/Susanto

Ini Beberapa Alasan Nawawi Tegur Mumtaz

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 15 Agustus 2020, 15:40 WIB
Mumtaz tidak meminta maaf ketika diingatkan. Bahkan, putra bungsu Amien Rais itu mengutarakan ucapan yang seolah mempertanyakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya