Kamis 26 Maret 2020, 12:38 WIB

Japelidi Produksi Konten Edukasi Lokal Bahasa Banyumasan

Lilik Darmawan | Nusantara
Japelidi Produksi Konten Edukasi Lokal Bahasa Banyumasan

MI/Lilik Darmawan
Konten edukasi Japelidi edisi Banyumasan

 

JARINGAN  Pegiat Literasi Digital (Japelidi) Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) memproduksi informasi akurat mengenai Covid-19 melalui bahasa lokal, Jawa Banyumasan. Hal itu dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya di Banyumas.

Perwakilan Japelidi Purwokerto yang juga Ketua Jurusan Komunikasi Fisip Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), S Bekti Istiyanto mengatakan bahwa Japelidi yang beranggotakan dosen-dosen dari 78 perguruan tinggi di 30 kota di Indonesia membuat konten video dan poster edukatif terkait Covid-19. 

"Khusus di Banyumas, kami membuat konten dengan bahasa lokal Jawa Banyumasan. Dengan demikian, masyarakat Banyumas diharapkan akan lebih memahami isinya," kata Bekti, Kamis (26/3).

Dijelaskan oleh Bekti, Japelidi telah membuat konten video dan poster dengan tema Jaga Diri dan Jaga Keluarga” dengan menggunakan 42 bahasa daerah, bahasa Indonesia dan Mandarin. Tujuannya untuk mengimbagi banjir hoaks yang menyesatkan warga pada waktu pandemi saat ini.

baca juga: Jateng Kini Punya Laboratorium Untuk Korona di Salatiga

"Dalam konten bahasa lokal Banyumasan, kami menuliskan bahwa Banyumasan seperti Saja cokan ngemen-ngemek rai atau jangan sering memegang muka, kemudian ada juga €œNang umah baen” atau di rumah saja dan sebagainya. Konten sederhana dengan bahasa lokal, semoga akan lebih dapat diterima oleh masyarakat di sini," tambahnya. (OL-3)
 

Baca Juga

Antara

Tercatat 83 ASN Jawa Timur Langgar Netralitas Pilkada

👤Bagus Suryo 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:15 WIB
BADAN Pengawas Pemilu Jawa Timur menyatakan puluhan kasus aparatur sipil negara (ASN) tidak netral selama masa kampanye Pilkada...
MI/John Lewar

Cuaca Buruk Dongkrak Harga Ikan di Labuanbajo

👤John Lewar 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:00 WIB
HUJAN lebat dan angin kencang yang melanda perairan laut di kawasan Komodo sepekan belakangan ini membuat para nelayan di Kabupaten...
Antara

PDIP Ajukan Wabup Cirebon Istri dan Supir Terpidana Suap

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:35 WIB
PDI Perjuangan Cirebon kekurangan kader berkualitas, hal itu terlihat dari dua nama bakal calon wakil bupati (wabup) Cirebon yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya