Kamis 26 Maret 2020, 11:29 WIB

PLN Tangguhkan Pencatatan Stand Meter

M Ilham Ramadhan | Ekonomi
PLN Tangguhkan Pencatatan Stand Meter

Ist/PLN
Flyer pencatatan meter listrik

 

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menangguhkan sementara pencatatan dan pemeriksaan stand meter sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Sebagai gantinya, perseroan menerapkan kebijakan penghitungan rerata pemakaian listrik selama 3 bulan terakhir untuk pelanggan pascabayar. Itu mulau berlaku untuk pembayaran rekening bulan April.

Dengan kata lain, pembayaran untuk rekening bulan April menggunakan penghitungan data historis rerata pemakaian kWh pada Desmber, Januari dan Februari.

"Ini kami lakukan untuk menghindari pembaca atau pencatat meter melakukan kunjungan ke rumah-rumah pelanggan sehingga upaya pencegahan penyebaran virus corona sebagaimana yang menjadi imbauan pemerintah untuk melaksanakan Work From Home dan Physical Distancing dapat berhasil," ujar Senior Executive Vice President (SEVP) Dept. Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono melalui keterangan resmi yang diterima, Kamis (26/3).

"Kebijakan ini diberlakukan agar pelanggan merasa tenang dan tidak perlu repot dan khawatir untuk berinteraksi dengan petugas," sambungnya.

Yuddy menambahkan, bila ada pengaduan maupun keluhan pelanggan soal ketidaksesuaian pencatatan stand akhir kWh meter dan penghitungan rekening, maka akan dihitung pada rekening bulan berikutnya. Itu dilakukan agar pengguna PLN tidak akan dirugikan.

PLN, lanjutnya, juga mengimbau masyarakat untuk melakukan pembayaran secara online untuk meminimalisir kontak fisik antara pelanggan dengan petugas.

"Jadi sebagai upaya preventif mencegah penularan virus korona atau Covid-19, kami mengajak pelanggan untuk memaksimalkan pembayaran listrik secara online," tutur Yuddy.

Ia menjelaskan, pelanggan dapat membayar tagkhan listrik tanpa harus mendatangi kantor PLN. ATM, internet banking, SMS banking, aplikasi dompet digital seperti LinkAja, Gopay ataupun melalui ecommerce seperti Tokopedia, BukaLapak, Traveloka merupakan sarana yang bisa digunakan oleh pelanggan.

Selain itu terkait informasi tagihan penggunaan, sambung baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan pengaduan pelanggan juga bisa dilakukan secara online melalui contact center PLN 123 ataupun aplikasi PLN Mobile. (E-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Tekanan Terdalam sudah Lewat

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 26 Oktober 2020, 05:35 WIB
Kuartal III 2020 diyakini sebagai titik balik Indonesia menuju pemulihan ekonomi. Indikasinya, realisasi investasi dan kinerja ekspor yang...
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

LPEI Perbesar Porsi Pembiayaan Produk Halal

👤Mir/E-2 🕔Senin 26 Oktober 2020, 05:25 WIB
LEMBAGA Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) mendukung penuh langkah pemerintah meningkatkan ekspor produk...
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dana Asing masih Bertahan di Bursa Efek Indonesia

👤Try/E-1 🕔Senin 26 Oktober 2020, 05:15 WIB
Tercatat pada Bursa Efek Jakarta, sepanjang tahun (year to date), jual bersih a­sing (net foreign sell) sudah mencapai Rp53,36...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya