Kamis 26 Maret 2020, 11:12 WIB

Dokter Bisa Gunakan Mobile JKN untuk Layani Pasien

mediaindonesia.com | Humaniora
Dokter Bisa Gunakan Mobile JKN untuk Layani Pasien

DOK BPJS KESEHATAN
Dokter ini gunakan aplikasi mobile JKN untuk layani konsultasi dan tetap lakukan social distancing.

 

BPJS Kesehatan melaksanakan social distancing sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus korona. Upaya pencegahan ini dilakukan baik pada pelayanan di seluruh kantor BPJS Kesehatan maupun fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. 

Salah satunya adalah penerapan pelayanan terbatas di Kantor BPJS Kesehatan. Sebagai alternatif, diharapkan peserta menggunakan layanan aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Salah seorang dokter keluarga mitra BPJS Kesehatan dr Ivonne F Kalele mengatakan, dirinya telah mengunduh aplikasi Mobile JKN sejak lama. Menurutnya, aplikasi tersebut sangat membantu mempermudah komunikasi antara peserta JKN-KIS dan dokter yang akan memberikan pelayanan sehingga meminimalisir kontak langsung.

“Saya sudah membaca user manual, mengisi persyaratan user ID dan mengunduhnya. Saya sangat mendukung penggunaan aplikasi ini khususnya dengan adanya imbauan social distancing. Dengan fitur chatroom saya dapat melakukan kontak melalui media chat dengan peserta yang melakukan konsultasi kesehatan sehingga dimungkinkan meminimalisir kontak langsung dengan peserta. Para dokter cukup memberikan rekomendasi sesuai kebutuhan medis peserta,” ungkap dr Ivonne, Selasa (24/03).

Ia juga menambahkan akan turut memperkenalkan aplikasi ini ke peserta JKN-KIS yang terdaftar di FKTP tempatnya bertugas sehingga pemberian pelayanan tetap dilakukan meskipun tidak langsung.

“Saya akan menginformasikan kepada peserta JKN-KIS untuk menggunakan aplikasi ini sebagai first contact sehingga peserta dapat diarahkan apakah perlu melakukan kunjungan ke tempat praktik atau tidak,” jelasnya.

Kepala BPJS Kesehatan Kesehatan Cabang Manokwari Meryta O Rondonuwu menyampaikan telah menginformasikan kepada peserta dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk menggunakan menu konsultasi dokter pada aplikasi Mobile JKN.

“Untuk mendukung pelaksanaan social distancing dalam rangka pencegahan penularan virus korona, kami telah menginformasikan kepada peserta JKN-KIS dan FKTP untuk menggunakan menu konsultasi dokter pada aplikasi Mobile JKN. Semoga fitur tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh peserta maupun seluruh penyedia pelayanan kesehatan di FKTP," ujar Meryta. (RO/OL-10)

Baca Juga

MI/Ramdani

Sembuh dari Korona, Dua Komisioner Ombudsman Pulang ke Rumah

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Rabu 08 April 2020, 19:02 WIB
Ninik mengaku selama menjalani isolasi tidak ada gejala yang signifikan. Meski tanpa gejala, dia tetap mengikuti anjuran dokter selama...
Antara

Dari 218 Kasus Baru Positif Korona, 101 di Jakarta

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 08 April 2020, 18:25 WIB
Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat, kasus baru terbanyak ditemukan kembali di ibu kota dengan 101 pasien positif....
Antara

Update: Pasien Positif Korona Bertambah 218 Orang

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Rabu 08 April 2020, 18:17 WIB
Yuri mengatakan ujung tombak masalah ini ada di tengah-tengah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya