Kamis 26 Maret 2020, 09:35 WIB

Cegah Covid-19, Hari Ini Akses Masuk Pelabuhan di Papua Ditutup

Hilda Julaika | Nusantara
Cegah Covid-19, Hari Ini Akses Masuk Pelabuhan di Papua Ditutup

ANTARA
Dermaga Pelabuhan Jayapura, Papua.

 

PEMERINTAH telah mulai menutup akses masuk ke pelabuhan laut di kawasan Papua, Senin (26/3). Tepatnya dengan melakukan larangan layanan pelayaran kapal penumpang ke pelabuhan Papua. Menurut Kepala Kantor Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Jayapura, Ferra J. Alfaris, langkah ini dilakukan guna melakukan pencegahan penyebaran Covid-19.

"Sesuai pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Covid-19 dengan pembatasan sosial yang diperluas tersebut, di mana salah satunya dengan melakukan penutupan Pelabuhan khusus penumpang mulai berlaku tanggal 26 Maret sampai dengan 9 April 2020," ujarnya melalui keterangan resminya kepada Media Indonesia, Kamis (26/3).

Baca juga: Tangkal Hoaks Covid-19, Pegiat Literasi Edukasi dalam 42 Bahasa

Adapun pertimbangan lain ditutupnya akses masuk ke pelabuhan lain ini karena akan dilakukannya tes medis terkait Covid-19 ini. Sehingga perlu untuk mengambil kebijakan guna memastikan status medis setiap orang di wilayah Provinsi Papua.

Lebih lanjut, Ferra mengatakan, penandatanganan kesepakatan bersama tersebut sesuai surat pernyataan Gubernur Papua Nomor 440/3235/SET Tanggal 17 Maret 2020, Status pencegahan dan penanganan Covid-19 Provinsi Papua adalah Siaga Darurat dimulai tanggal 17 Maret sampai dengan 17 April 2020.

Pada kesempatan yang sama, Ferra juga mengingatkan kepada masyarakat yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Papua dalam waktu dekat baiknya menunda rencana tersebut. Hal ini berkaitan dengan status kesehatan warga Papua yang ingin dijaga dari penyebaran masif Covid-19.

"Untuk menekan penyebaran virus korona lebih baik saat ini masyarakat mulai membatasi diri untuk tidak melakukan pertemuan atau perjumpaan dengan orang atau keluarga atau rekan, tidak menghadiri pertemuan yang kurang penting, dan menjaga jarak saat berkomunikasi," imbaunya. (OL-6)

Baca Juga

MI/ Indriyani Astuti

Hari Ini Yogya Gelar Rapid Test

👤Ant 🕔Minggu 29 Maret 2020, 00:31 WIB
"Diutamakan tenaga kesehatan yang merawat PDP serta kerabat dan warga yang intens kontak dengan PDP," kata...
Antara

Pasien Positif Korona di Sukabumi mulai Membaik

👤Henri Siagian 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 22:32 WIB
Dari 728 orang dalam pemantauan (ODP), 32 orang sudah selesai...
Antara

PDP di Jambi Berkurang Drastis

👤Solmi 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 21:51 WIB
Johansyah menjelaskan, berkurangnya jumlah PDP, lantaran 14 PDP dinyatakan negatif covid-19 berdasarkan pemeriksaan medis dan uji...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya