Kamis 26 Maret 2020, 06:08 WIB

Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang masih Landa Tanah Air

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Potensi Hujan Deras dan Angin Kencang masih Landa Tanah Air

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
BMKG memprediksi akan terjadi hujan deras disertai petir dan angin kencang pada Kamis-Jumat (26-27/3/2020) di seluruh Indonesia.

 

BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam tiga hari kedepan di beberapa wilayah Indonesia berpotensi hujan deras disertai angin kencang kilat/petir.

Kabag Humas BMKG Taufan Maulana menyebut adanya pusat tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Lampung yang secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan angin yang memanjang di Samudera Hindia Selatan-barat daya Banten. Sedangkan sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Barat Aceh, Kalimantan Barat, Samudera Pasifik Utara Papua, dan Laut Arafuru.

"Kondisi ini memberikan potensi pertumbuhan awan di wilayah tersebut," kata Taufan di Jakarta, Kamis (26/3).

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat hari ini mulai Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.  Kondisi ini masih berlangsung di wilayah Sumatera Barat, Banten, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara. Sedangkan besok, Jumat (27/3) wilayah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Banten, Jawa Tengah, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara diprediksi masih berpeluang hujan lebat.

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara,Kalimantan Selatan, Papua Barat, Papua. Kondisi ini masih berpotensi terjadi beberapa hari di wilayah Aceh, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Papua

Untuk wilayah Aceh,Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua juga diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Jumat (27/3) besok.

baca juga: PMI Jakbar Pastikan Pendonor Darah Bebas Covid-19

Pihaknya mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang.

"Kita harap masyarakat mempersiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan," pungkas Taufan. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo

Ilmuwan Ingatkan Soal Adanya Keraguan Publik pada Vaksin Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 07:05 WIB
Para peneliti menemukan orang-orang yang paling tidak percaya pada pemerintah adalah mereka cenderung tidak mau...
 MI/VICKY GUSTIAWAN

Kasus Aktif Covid-19 Turun 6,7 Persen

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 06:08 WIB
Kasus aktif covid-19 pada 20 September 2020 turun 6,7 persen menjadi 16,93 persen dari 23,6 persen pada 20 September...
ANTARA/PTFI

Dua Spesies Baru Kepiting Ditemukan di Area Kerja Freeport

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 05:37 WIB
Dua spesies baru kepiting bernama Typhlocarcinops robustus dan Typhlocarcinops raouli ditemukan di kawasan muara Ajkwa, area kerja PT...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya