Rabu 25 Maret 2020, 16:00 WIB

Dunia Usaha Terapkan Standar Keamanan & Kesehatan Cegah Covid-19

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Dunia Usaha Terapkan Standar Keamanan & Kesehatan Cegah Covid-19

Dok. Danone-Aqua
Karyawan Danone menggunakan masker sebagai pencegahan penularan Covid-19

 

DI tengah anjuran untuk melakukan pembatasan jarak sosial (Social Distancing) dalam rangka memutus mata rantai wabah Covid-19, banyak perusahaan menerapkan kebijakan keamanan dan kesehatan kerja untuk karyawan dengan tetap menjaga pasokan produk yang sangat dibutuhkan masyarakat.

PT Tirta Investama (Danone-Aqua) merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan penyesuaian kebijakan demi melindungi karyawan namun tanpa mengganggu pasokan produk ke masyarakat.

VP Corporate Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto mengatakan, pihaknya juga sudah menerapkan kebijakan bekerja dari rumah untuk karyawan di kantor pusat sejak 17 Maret lalu. 

“Pembatasan dan larangan bepergian, baik domestik maupun internasional, juga telah diberlakukan untuk seluruh karyawan tanpa terkecuali. Upaya ini sejalan dengan langkah-langkah perlindungan yang disampaikan oleh pemerintah Indonesia dan World Health Organization untuk melakukan pembatasan jarak sosial dengan orang lain setidaknya 2 meter,” kata Vera dalam keterangan tertulisnya.

Vera menambahkan, sebagian karyawan seperti karyawan pabrik dan 8.000 petugas Aqua Home Service yang berada di garda terdepan pemenuhan kebutuhan dasar konsumen, tetap menjalankan tugasnya demi memenuhi kebutuhan harian masyarakat akan air mineral.

“Tentunya bagi mereka yang masih menjalankan tugas, perusahaan telah mengambil berbagai tindakan pencegahan dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan kesehatan dan keamanan karyawan tetap terlindungi selama bekerja. Salah satunya dengan menerapkan standar keamanan dan kebersihan yang lebih tinggi,” ujar Vera.

Dalam rangka memastikan area pabrik tetap bersih dan aman, Danone-Aqua memperketat peraturan memasuki area pabrik agar dapat mencegah potensi kontaminasi. 

Beberapa aturan itu di antaranya adalah dengan tidak mengizinkan kunjungan tamu, memastikan hanya karyawan dan kontraktor yang dapat memasuki area pabrik, menerapkan pengukuran suhu tubuh, dan merekam catatan perjalanan. 

Baca juga : Bantu Atasi Covid-19 Danone Sumbang Rp15 miliar

Untuk mendukung jarak aman interaksi, pabrik juga memberlakukan karantina diri sendiri ketika dibutuhkan, mengharuskan masing-masing karyawan berada dalam jarak 2 meter antara satu sama lain, dan memastikan ketersediaan perangkat untuk menjaga lingkungan kerja tetap higienis. 

Selain itu, perusahaan telah melakukan penyemprotan disinfektan gedung kantor Danone, baik itu di kantor pusat, pabrik maupun depo.

Bagi tim Aqua Home Service yang bertugas mengantarkan kebutuhan air mineral kepada seluruh keluarga Indonesia dari pintu ke pintu, mereka dibekali dengan pengetahuan untuk menjaga produk tetap higienis, dan terus diimbau untuk memastikan kebersihan serta kesehatan diri. 

Semua galon Aqua juga secara sistematis dibersihkan dan disanitasi dengan suhu tinggi, sehingga keamanan produk tetap terjamin. 

“Dalam setiap produk, kami menerapkan standar keamanan dan kontrol kualitas yang tinggi di seluruh rantai produksi. Mulai dari pasokan bahan baku dan kemasan, hingga pengiriman. Hal ini kami lakukan untuk membantu melindungi kesehatan dan keamanan petugas serta konsumen,” kata Vera.

Selain melalui dukungan terhadap upaya pembatasan jarak sosial, Danone-Aqua juga mulai mengirimkan hampir sepuluh ribu boks Aqua botol ke sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Di samping itu, Danone-Aqua juga bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT), kitabisa.com, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menyalurkan sejumlah donasi yang dapat digunakan untuk pembelian masker, baju pelindung, dan hand sanitizer bagi para petugas kesehatan yang berada di garis depan penanganan pandemi. 

“Mari kita lakukan apa yang kita mampu untuk mendukung pemerintah memperlambat laju sebaran pandemi. Namun, yang tak kalah penting juga, mari hargai dan tunjukkan rasa terima kasih kita atas kerja keras para pejuang lapangan dengan tidak melakukan panic buying,” pungkas Vera. (RO/OL-7)

Baca Juga

ISTIMEWA

8,5 Juta Pelanggan Sudah Dapat Nikmati Token Listrik Gratis

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 April 2020, 19:07 WIB
Khusus 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar...
ANTARA

Menaker Pastikan Pekerja Kena PHK Dapat Insentif Selama 4 Bulan

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:45 WIB
Pemerintah terus berusaha menekan dampak pandemi virus korona (Covid-19), salah satunya dengan memberikan bantuan kepada pekerja yang...
Ilustrasi

KPPOD Ungkap Daerah Kesulitan Realokasi APBD untuk Tangani Pandem

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 04 April 2020, 16:31 WIB
Pemerintah pusat disarankan untuk segera melakukan transfer ke daerah supaya kepala daerah dapat melakukan realokasi anggaran dari Anggaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya