Kamis 26 Maret 2020, 01:30 WIB

Kader NasDem Ikut Bergerak

MI | Nusantara
Kader NasDem Ikut Bergerak

ANTARA
Penyemprotan disinfektan di Mesjid

 

PEMERINTAH tidak bekerja sendiri. Saat korona mewabah di Indonesia, sejumlah elemen masyarakat sudah menyingsingkan lengan untuk membuat kerja aparatur pemerintah lebih berdaya.

Dari unsur partai politik, misalnya, sejumlah kader NasDem tidak mau berdiam diri. Di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Rusdi Masse Mappasessu memanfaatkan masa reses dengan melakukan penyemprotan disinfektan di masjid, gereja dan ruang publik, di Kecamatan Wara Selatan.

Seperti dikutip dari laman partainasdem.id, Sekretaris Nasdem Palopo, Umar, mengaku dalam aksi itu dikerahkan puluhan tangki truk berisi disinfektan. “Ada delapan masjid, tiga gereja dan sejumlah ruang publik yang disemprot.”

Aksi yang sama juga dilakukan anggota Komisi X DPR RI, Eva Stevany Rataba. Dalam operasi yang ia namakan Gerakan NasDem Peduli Lawan Virus Corona (Covid 19), Eva juga menyasar penyemprotan disinfektan di beberapa rumah ibadah.

“Hari ini, kami fokuskan di rumah ibadah di sekitar Rantepao dan Tallunglipu,” jelasnya.
Tidak hanya anggota DPR, legislator NasDem di daerah juga mengambil peran. Di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Ahmad Jayadikarta bersama anggota DPR RI Ary Egahni Ben Bahat membagikan masker dan menyemprot disinfektan.

“Penyemprotan disinfektan menyasar sarana umum yakni Taman Sumbu Kurung, masjid di Desa Mintin serta Gereja Kasih dan Masjid Jami A’Taqwa di Kelurahan Bereng,” ujar Ahmad.

Di Solo, Jawa Tengah, penyemprotan disinfektan dilakukan pengurus PDI Perjuangan dan Pemuda Pancasila. “Kami peduli dengan situasi masyarakat saat ini,” ujar Ketua Pemuda Pancasila Danang Liestianto.

Penjangkitan covid-19 juga membuat PT Semen Indonesia pabrik Tuban untuk ikut bergerak. Mereka fokus untuk desa dan tempat umum di sekitar wilayah pengembangan perusahaan. “Kami ikut membantu pemerintah untuk mengantisipasi penyebaran corona,” kata juru bicara PT Semen Indonesia, Fardhi Sjahrul Ade.

Kepedulian juga meruyak di kalangan warga biasa. Gabungan pelaku event se-Bandung Raya, misalnya, melaksanakan penyemprotan disinfektan di Pasar Panorama Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.
“Semoga Bandung dan Indonesia bisa segera pulih dari dampak wabah ini,” harap koordinator kegiatan, Imam Firdaus.

Kemarin, Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Blora, Jawa Tengah, juga beraksi dengan membagikan cairan pembersih tangan kepada warga. Sementara istri anggota Kepolisian di Polres Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, menyasar 14 kapal rute Larantuka-Tobilota untuk disemprot. (LN/SS/WJ/YK/DG/AS/FB/N-1)

Baca Juga

MI/Ardi T

Sri Sultan Tegaskan DIY belum Putuskan PSBB

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 08 April 2020, 20:16 WIB
Sri Sultan lebih lanjut mengatakan pada dasarnya DIY telah menerapkan esensi PSBB itu sendiri. Dikatakannya, pengawasan kepada...
Antara

Covid-19 Akibatkan Angka Kriminalitas di Sumbar Menurun

👤Antara 🕔Rabu 08 April 2020, 19:50 WIB
Petugas kepolisian giat melakukan patroli wilayah, sehingga meminimalkan orang melakukan...
ANTARA/Rendhik Andika

Empat Kelurahan di Palangka Raya Zona Merah

👤Antara 🕔Rabu 08 April 2020, 19:45 WIB
Masyarakat di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini pun diminta untuk selalu menaati anjuran pemerintah dengan tidak keluar rumah jika...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya