Rabu 25 Maret 2020, 16:13 WIB

Olimpiade Ditunda, PBSI akan Sesuaikan Dana Pelatnas

Akmal Fauzi | Olahraga
Olimpiade Ditunda, PBSI akan Sesuaikan Dana Pelatnas

Antara/Wahyu Putro
Sekjen PBSI, Achmad Budiharto

PENGURUS Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyebut akan ada penyesuaian anggaran dana pelatihan nasional (pelatnas) sebagai dampak ditundanya Olimpiade Tokyo 2020.

Sekeretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, mengatakan penundaan Olimpiade hingga satu tahun membuat durasi pelatnas semakin panjang. Namun, kata dia, dampak pandemi virus korona (Covid-19) juga berimbas ke penundaan turnamen-turnamen yang harusnya diikuti sebagai ajang kualifikasi ataupun persiapan Olimpiade.

Baca juga: Jepang Belum Pastikan Kapan Olimpiade 2020 Digelar

"Akan ada penyesuaian. Turnamen besar yang saat ini ditunda, anggarannya kan tak terpakai. Jadi tinggal disesuaikan saja," kata Budiharto saat dihubungi, Rabu (25/3).

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait dana pelatnas. Dalam nota kesepahaman (MoU) yang sudah ditandatangani dengan Kemenpora, PBSI mendapat dana pelatnas sebesar Rp18,6 miliar.

Budiharto menambahkan, belum ada keputusan soal apakah kualifikasi olimpiade yang seharusnya selesai April nanti akan diperpanjang atau tidak. PBSI akan menerima apa yang diputuskan.

"Kami tak punya pilihan. Kami realistisi ikut apa yang diputuskan," ujarnya.

Menurutnya, keputusan penundaan Olimpiade merupakan pilihan terbaik karena menyangkut keselamatan atlet, ofisial dan juga penonton.

"Ini demi kemaslahatan semua. Ini bukan berbicara untung dan rugi. Ini berbicara kepentingan untuk semuanya," jelasnya. (OL-6)

Baca Juga

MI/	Lina Herlina

Cegah Jadi Klaster Olahraga, KONI Sulsel Gelar Rapid Test

👤Lina Herlina 🕔Senin 26 Oktober 2020, 12:40 WIB
 Ada 10 tim medis yang terdiri dari tenaga medis dan pangawas mengatur antrean secara ketat agar protokol kesehatan tetap...
AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU

Marc Marquez Semangati Alex Pascainsiden di GP Teruel

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 11:40 WIB
Alex Marquez, yang naik podium di dua balapan secara beruntun, gagal finis di GP Teruel setelah...
AFP/GEORG HOCHMUTH / APA

Djokovic Incar Rekor Peringkat Satu Dunia Milik Sampras

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 10:29 WIB
Pemain berusia 33 tahun itu, saat ini, telah lima kali menjadi pemain peringkat teratas dunia di akhir musim, yakni pada 2011, 2012, 2014,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya