Rabu 25 Maret 2020, 14:00 WIB

Cegah Mudik, Kemenhub Dorong Video Call Silaturahim saat Lebaran

Hilda Julaika | Humaniora
Cegah Mudik, Kemenhub Dorong Video Call Silaturahim saat Lebaran

Instagram @pramonoanungw
Rapat kabinet terbatas menggunakan video conference

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat untuk tidak usah pulang kampung di saat libur Lebaran 2020 seiring pandemi virus korona (covid-19). Imbauan itu sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk melakukan pembatasan jarak sosial (social distancing) antarmanusia. 

“Kami dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terutama Dirjen Hubdar akan bersama-bersama dengan kementerian terkait dan kepolisian mengimbau kepada masyarakat untuk lebaran di 2020 tidak melaksanakan mudik,” ujar Dirjen Perhubungan Darat (Hubdar) Kemenhub Budi Setiyadi di Jakarta, Rabu (25/3).

Baca juga: Riset Anyar, Virus Covid-19 Bisa Bertahan 2 Minggu di Permukaan

Hal ini sesuai dengan hasil diskusi dan rapat yang dilakukan dengan kementerian dan lembaga (K/L) terkait termasuk Eselon 1 Kemenhub. 

Menurut Budi, imbauan tidak melakukan kegiatan mudik sejalan dengan kebijakan pemerintah. Pihaknya pun menganjurkan untuk melakukan silaturahim dari tempat masing-masing dengan menggunakan aplikasi seperti WhatsApp (WA) video call.

“Dan kita akan melaksanakan silaturahim dari tempat masing-masing. Kita bisa menggunakan WA dan video call dengan keluarga," sarannya.

Baca juga: Yayasan Media Group Serahkan APD ke Wakil Wali Kota Bogor

Menurutnya, dengan tidak mudik bisa mencegah terjadinya kunjungan ke sanak saudara di daerah. Dengan begitu turut mempermudah upaya pemerintah dalam mengurangi penyebaran virus ini. Sehingga kesehatan, keamanan, dan keselamatan masyarakat bisa lebih mudah terjaga.

Baca juga: Pasien Suspect Korona di Kalsel Bertambah Lagi

“Karena dengan kita mencegah mudik kita tidak berkunjung ke keluarga kita di daerah. Tentunya kita semuanya akan mendukung terhadap keputusan pemerintah bahwa aspek kesehatan dan keselamatan masyarakat terjaga. Dan kita harus bahu membahu antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah termasuk masyarakat untuk kompak mencegah peyebaran Covid-19 ini,” tandasnya. (X-15)

Baca Juga

AFP

Lorde Kembali Bernyanyi

👤MI 🕔Selasa 07 April 2020, 05:05 WIB
PENYANYI asal Selandia Baru Ella Marija Lani Yelich-O’Connor atau biasa dikenal Lorde, 23, bersiap merilis musik baru...
ANTARA

Slank Lo Harus Grak

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 07 April 2020, 00:10 WIB
PENYEBARAN virus korona baru cCovid-19) mempengaruhi banyak sektor masyarakat...
Forwot/Medcom.id

100 Ribu APD Didatangkan Tanoto Foundation

👤Antara 🕔Senin 06 April 2020, 23:49 WIB
Bantuan dari Tanoto Foundation tersebut selanjutnya akan didistribusikan kepada petugas medis yang tengah berjuang dalam menangani wabah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya