Rabu 25 Maret 2020, 13:42 WIB

Yayasan Media Group Serahkan APD ke Wakil Wali Kota Bogor

Dede Susianti | Megapolitan
 

Yayasan Media Group kembali menyerahkan bantuan peralatan medis untuk penanganan virus korona (covid-19). Kali ini, bantuan didonasikan ke Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat. 

Bantuan diserahkan oleh Ketua Yayasan Media Group Ali Sadikin dan diterima oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, di Crisis Center Gugus Tugas Covid-19 di Rumah Dinas Wali Kota, di Jalan Pajajaran, Selasa (24/3).

Ali Sadikin mengatakan, bantuan itu adalah peran serta seluruh masyarakat Indonesia melalui Dompet Kemanusiaan Media Group (DKMG) untuk covid 19. 

"Kami harus mengucapkan terima kasih kepada seluruh donatur, seluruh masyarakat Indonesia pemirsa MetroTV, pembaca Media Indonesia, Lampung Post, dan Medcom yang tergerak hatinya untuk menyumbang, mengumpulkan donasi ini,"ungkap Ali.

Baca juga: Peti Jenazah Khusus Covid-19

Dia menjelaskan, donasi dibelikan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga medis dan pegawai di rumah sakit yang berada di garis terdepan dalam menghadapi virus covid-19. 

"Di sana ada yang menyiapkan makanan, yang bersihkan lantai dan lain lain. Itu menjadi orang yang sangat berisiko dan itu yang kita siapkan program sekarang ini. Untuk saudara- saudara kita yang di garis depan,"katanya.

Dan target utamanya, adalah rumah sakit, rumah sakit yang sekarang ini jadi rujukan pemerintah untuk menangani covid-19.

Pihaknya berharap, dengan bantuan ini, agar yang ada di lapangan tetap punya alat pelindung diri dan bisa membantu warga yang sedang sakit. Dan program ini nantinya bisa kita lanjutkan di tempat lain.

"Kita belikan masker khusus untuk dokter, kita belikan baju untuk tempat dokter dalam ruang isolasi, kacamata dan alat- alat pengaman lainnya. Itu yang jadi prioritas kami sekarang,"katanya.

Bantuan yang diserahkan untuk Kota Bogor ini, ada kaca mata pelindung 30 unit, masker N95 sebanyak 550 buah, masker biasa untuk karyawan (selain paramedis) ada 2.500 buah. Sarung tangan yang untuk tenaga medis sebanyak 9.000. Hand sanitizer sekitar 100 botol dan juga baju pelindung diri sebanyak 60.

Baca juga: Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Idap Covid-19

Adapun total saldo donasi DKMG Covid-19 per 24 Maret hingga pukul 12.00 WIB sebesar Rp3.793.154.988 (BCA) dan Rp701.710.757 (Mandiri). Jadi totalnya sebesar Rp4.494.865.745.

"Dompet ini akan kita buka sampai dengan tiga bulan ke depan. Semoga sebelum tiga bulan permasalahan covid-19 ini sudah selesai," pungkasnya.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyatakan pihaknya sangat terbantu sekali dan mengucapkan rasa terima kasihnya pada Yayasan Media Group dan pada masyarakat yang sudah menyalurkan donasi melalui DKMG untuk covid-19.

"Tentu ini bantuan yang luar biasa, yang sangat kita butuhkan saat ini. Masker pelindung dengan spesipikasi yang bagus, APD yang memang sekali pakai untuk tenaga medis di garda terdepan. Terima kasih," ungkap Dedie.

Baca juga: Permudah Impor Alat Kesehatan, Kemendag Terbitkan Aturan Khusus

Dedie menjelaskan covid-19 di Kota Bogor terus berkembang dan secara jumlahnya pun terus bertambah. Baik yang ODP (orang dalam pemantauan), PDP (Pasien dalam Pemantauan), maupun yang terkonfirmasi atau positif. Bahkan yang meninggal dunia pun bertambah.

Sementara, peralatan untuk tenaga medis untuk di tiga rumah sakit yang jadi rujukan penanganan Covid-19 di Kota Bogor, sangat kekurangan peralatan dan perlengkapan medis. Adapun ketiga rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor, Rumah Sakit siloam dan Bogor Senior Hospital. (X-15)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

ANTARA/Deka Wira S

DPRD Optimistis Riza Patria akan Dilantik dalam Dua Pekan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 07 April 2020, 08:16 WIB
Prasetyo berharap terpilihnya wagub yang posisinya sudah kosong hampir dua tahun, bisa membantu kinerja Gubernur Anies...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

MRT Jakarta Mulai Sosialisasikan Kewajiban Bermasker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 07 April 2020, 07:16 WIB
Petugas stasiun dan kereta secara gencar menyosialisasikan seruan gubernur...
MI/ FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Jaga Kesehatan Karena Nanti Sebagian Jakarta Akan Hujan

👤Ant 🕔Selasa 07 April 2020, 06:32 WIB
Tetap di rumah dan jangan keluar untuk meminimalisasi penyebaran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya