Rabu 25 Maret 2020, 12:53 WIB

NTT Terima 500 Set APD untuk Tenaga Medis

Palce Amalo | Nusantara
NTT Terima 500 Set APD untuk Tenaga Medis

MI/Arnoldus Dhae
Pemerintah Pusat mendistribusikan APD yang diangkut dengan Pesawat Lion Air di Bandara Ngurah Rai, Bali Selasa (24/3/2020).

 

KEPALA Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur (NTT), dokter Dominikus Mere menyebutkan sebanyak 500 set alat pelindung diri (APD) untuk tim medis yang bertugas menangani pasien virus korona di daerah itu sudah tiba.

"APD sudah tiba, dan sudah diangkut ke gudang Dinas Kesehatan," kata Dominikus Mere di Kupang, Rabu (25/3).

APD dikirim dari Pemerintah Pusat diangkut dengan Pesawat Lion Air dari Denpasar, Bali sejak Selasa (24/3), langsung didistribusikan ke seluruh rumah sakit yang menjadi rujukan perawatan pasien virus korona. APD tersebut terdiri dari disposable masks, n95 masks, protective  clothing, goggles, gloves, shoe covers, infrared thermometer, dan surgical caps.

Kepala Biro Humas NTT Marius Jelamu mengatakan NTT membutuhkan maksimal 350.000 set APD untuk dibagikan kepada rumah sakit rujukan virus korona. Marius mengandaikan sebanyak 130 orang dalam pemantauan (OPD) di NTT saat ini, setelah menjalani tes ternyata seluruhnya positif korona. 

"Satu set APD itu sekali pakai, jika satu hari satu pasien dikunjungi empat dokter, itu sudah habiskan empat set. Bayangkan kalau ratusan pasien," ujarnya.

Sementara itu, Dinas Kesehatan NTT mengeluarkan data ODP korona di daerah itu berjumlah 151 orang. Dari jumlah itu 21 orang dinyatakan sehat, 120 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, dan 10 orang dirawat di rumah sakit.

baca juga: Produksi Beras di Kabupaten Malang Defisit Tapi Aman

Namun, satu di antara 10 orang yang dirawat meninggal pada Rabu pagi di Rumah Sakit Komodo di Labuan Bajo. sedangkan sembilan orang lainnya tersebar di  Rumah Sakit (RS) WZ Johannes Kupang sebanyak 3 orang, RS TC Hillers Maumere, Kabupaten Sikka dua orang, RS Kalabahi 1 orang, RS Umbu  Rara Meha di Sumba Timur satu orang, dan RS Ende di Kabupaten Ende 1 orang. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Pesantren Kiblat Solusi Pendidikan Nasional Masa Covid-19

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:48 WIB
"Pesantren bisa menjadi solusi dan memberikan jalan keluar di tengah keterbatasan yang dimiliki," tegas Panglima Santri Muhaimin...
Ilustrasi

Gubernur Sumut Minta Usut Preman yang Serang Satgas Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:36 WIB
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi minta kepolisian untuk menindak para preman yang menyerang Satgas Covid-19 Mebidang saat menggelar...
ANTARA/Zabur Karuru.

Ada Pasar Burung dan Batu Akik di Bekas Lokalisasi Dolly

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:20 WIB
Sentra Pasar Burung dan Batu Akik luas 840 meter persegi yang diresmikan pada Rabu (21/10) merupakan usulan dari warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya