Rabu 25 Maret 2020, 07:13 WIB

Polisi dan Satpol PP Patroli Malam Bubarkan Kerumunan

Apul Iskandar | Nusantara
Polisi dan Satpol PP Patroli Malam Bubarkan Kerumunan

MI/Apul Iskandar
Satpol PP dan polisi membubarkan kerumunan orang di jalan-jalan Kota Pematangsiantar, Selasa (24/3/2020) malam.

 

PEMERINTAH Kota (Pemko) Pematangsiantar terus melakukan upaya memutus rantai penyebaran covid-19. Salah satunya dengan membubarkan kerumunan orang dan meminta warga berada di rumah masing-masing. Pemko Pematangsiantar melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bekerja sama dengan Polres Pematangsiantar berkeliling pusat kota untuk mengimbau warga yang masih berkumpul-kumpul agar membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing.

Kegiatan dimulai dengan apel kesiapan dipimpin Kabag Ops Polres Pematangsiantar Kompol Boston Situmorang di Mapolres, Selasa (24/3) pukul 21.00 malam. Selanjutnya, pasukan bergerak ke Lapangan Merdeka, Taman Bunga, sepanjang Jalan Merdeka, Pasar Horas, Jalan Vihara, dan Jalan Pane Kota Pematangsiantar. Di tempat-tempat yang masih banyak warga berkumpul, mereka mengimbau agar membubarkan diri dan pulang ke rumah masing-masing. Kegiatan tersebut berakhir sekira pukul 23.30 WIB.

Kepala Satpol PP Pematangsiantar Robert Samosir mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memutus rantai penyebaran covid-19.

"Sebagaimana yang telah diinstruksikan walikota, kami dari Satuan Polisi Pamong Praja akan tetap melaksanakan tugas patroli dan memberikan imbauan kepada pengusaha/pemilik tempat hiburan, kafe, arena permainan, warnet, termasuk restoran untuk menutup segala kegiatan sementara waktu," terang Robert.

Masih kata Robert, apabila kebijakan tersebut tidak bisa dimaklumi oleh para pengusaha, maka Pemko Pematangsiantar akan mengambil tindakan tegas.

"Kita harapkan di Kota Pematangsiantar tidak ada masyarakat yang positif covid-19," sebutnya.

Sementara Kabag Ops Polres Pematangsiantar Kompol Biston Situmorang mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan guna mengimbau masyarakat tidak berkumpul-kumpul atau membuat keramaian di suatu tempat karena bisa memicu penularan virus korona, 

baca juga: Berkat Screening, Jumlah Orang Isolasi Mandiri Meningkat

"Kegiatan seperti tadi akan terus kita laksanakan step by step ke seluruh pelosok Kota Pematangsiantar, agar masyarakat tahu bahwa berkumpul-kumpul akan mempermudah penyebaran virus korona. Kami mengimbau kepada masyarakat agar berdiam diri di rumah  bersama keluarga. Itu lebih bagus untuknmencegahnya penyebarannya," terang Boston.

Boston juga mengimbau para orangtua yang anaknya masih bersekolah agar orangtua mengawasi supaya tidak keluar rumah. Anak-anak diwajibkan belajar di rumah, dam tidak bermain atau kumpul-kumpul dengan teman-temannya. (OL-3)

Baca Juga

MI/SUPARDJI RASBAN

Papua Terapkan Pembatasan Sosial, Bukan Lockdown

👤Marcelinus Kelen 🕔Selasa 31 Maret 2020, 23:30 WIB
Papua tidak memberlakukan lockdown, tapi hanya pembatasan sosial yang diperluas dengan berbagai...
MI/Ramdani

Papua Perpanjang Masa Pembatasan Sosial dan WFH

👤Marcelinus Kelen 🕔Selasa 31 Maret 2020, 23:15 WIB
Berdasarkan Surat Edaran No. 440/3705/SET maka Perpanjangan Waktu Kerja di Rumah berlaku hingga 13 April 2020. Namun, akan dievaluasi lagi....
Dok. Pemkab Tabanan

DPRD dan Pemkab Tabanan Gelar Sidang Paripurna VirtualĀ 

👤Achmad Maulana 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:30 WIB
Dipimpin langung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, sidang dihadiri Ketua DPRD I Made Dirga, dan para Kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya