Selasa 24 Maret 2020, 19:35 WIB

Anggaran DPRD DKI Bakal Dipotong untuk Bantuan Covid-19

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Anggaran DPRD DKI Bakal Dipotong untuk Bantuan Covid-19

ANTARA
Ilustrasi - Prajurit TNI AU mengecek kardus berisi alat kesehatan untuk penanganan COVID-19 dari Shanghai.

 

WAKIL Ketua DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Zita Anjani, menuturkan anggaran DPRD akan dipotong untuk memberikan bantuan pada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Ia mendorong agar semua dana DPRD DKI yang sebelumnya dialokasikan untuk sosialisasi perda, rapat, kunjungan kerja dan dana yang bertujuan membuat keramaian bakal dialihkan ke bantuan seperti masker gratis, alat pelindung diri (APD) atau pemberian hand sanitizer.

Baca juga: PKS Berikan Bantuan 40 Ribu Masker pada Pemprov DKI

"Mereka yang rentan secara ekonomi, memenuhi kebutuhan pangan saja tidak pasti. Sekarang, banyak dari kita harus berhenti bekerja. Saya ingin mendorong agar dana DPRD DKI dialihkan ke bantuan itu," kata Zita saat dikonfirmasi, Jakarta, Selasa (24/3).

Wakil Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DKI Jakarta, Justin Adrian, membenarkan saat ini anggota dewan sedang mendiskusikan hal tersebut di grup WhatsApp karena terbatas oleh imbauan untuk tidak ada aktifitas berkerumun.

"Iya ini lagi dibicarakan pemotongan anggaran DPRD untuk itu. Di group WhatsApp, baik di group paripurna (seluruh dewan), komisi A, dan di fraksi sendiri. Hitung-hitung bisa kontribusi minimal beberapa miliar," kata Justin kepada Media Indonesia.

Namun, katanya pembahasan pemotongan anggaran DPRD nantinya dikonsultasikan ke Sekertariat DPRD, karena mereka yang memegang anggarannya. Ia juga memastikan pemotongan anggaran itu bukan dari gaji anggota dewan.

Justin juga menuturkan dalam mencairkan anggaran DPRD itu ada mekanismenya, di mana sekitar satu atau dua minggu kedepan perlu diadakan rapat resmi oleh Badan Musyawarah, Komisi A DPRD, sekertariat dewan, dan persetujuan pimpinan DPRD. (OL-6)

Baca Juga

Dok MI

Ombudsman Minta DPRD Tunda Pemilihan DKI-2

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 05 April 2020, 21:06 WIB
Rekomendasi untuk mengaji ulang pemilihan wagub juga berkaitan dengan dengan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...
Dok Setpres

Ini Titik Pembagian Nasi Boks dari Istana Bagi Korban Pandemi

👤Andhika Presetyo 🕔Minggu 05 April 2020, 20:45 WIB
Melihat animo yang cukup tinggi, Setpres berencana untuk terus membagikan paket nasi boks hingga 20 April 2020 dengan total sebanyak 1.000...
Antara

Mulai 12 April, Penumpang KRL Wajib Bermasker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 05 April 2020, 20:35 WIB
Menjelang tanggal tersebut, para petugas di stasiun dan KRL akan senantiasa mengingatkan penumpang mengenai pentingnya menggunakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya