Selasa 24 Maret 2020, 17:30 WIB

Polda Sumut Akan Bubarkan Paksa Kerumunan

Yoseph Pencawan | Nusantara
Polda Sumut Akan Bubarkan Paksa Kerumunan

Antara
Personel Polda Sumut menyemprotkan cairan disinfektan dengan menggunakan mobil water canon di Medan

 

Peningkatan eskalasi wabah covid-19 secara nasional, termasuk di Sumatera Utara (Sumut) membuat pihak kepolisian mengambil langkah tegas. Bila sebelumnya penerapan social distancing masih bersifat imbauan, maka saat ini sudah bersifat pemaksaan.

"Polda Sumut dan jajarannya akan membubarkan paksa kerumunan masyarakat bila membandel," ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja, Selasa (24/3).

Dia menjelaskan, Polda Sumut dan jajaran kembali meningkatkan upaya pengamanan untuk semakin menekan penyebaran covid-19 di wilayah hukumnya. Satu dari berbagai cara yang dilakukan adalah dengan menggelar patroli gabungan bersama dengan TNI.

Dalam patroli gabungan ini mereka akan menindak tegas kerumunan masyarakat atau warga yang kumpul-kumpul. "Patroli akan menyasar berbagai lokasi yang selama ini kerap atau secara rutin terdapat keramaian. Contohnya kafe, tempat hiburan malam, warung-warung kaki lima atau tempat yang memiliki jumlah massa yang banyak," lanjutnya.

Baca juga: Masa Siaga Covid-19 Sumut akan Diperpanjang

Menurutnya, petugas terlebih dahulu akan menyampaikan imbauan kepada masyarakat yang berkumpul untuk membubarkan diri. "Jadi, secara persuasif, Namun, apabila imbauan tersebut tidak diindahkan maka mereka akan dibubarkan secara paksa oleh petugas," katanya tegas.

Kasus covid-19 di Sumut menunjukkan peningkatan yang berarti. Sampai dengan hari ini tercatat jumlah pasien positif korona bertambah menjadi delapan orang. Padahal sehari sebelumnya masih dua orang. Lalu, orang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sampai kemarin sore sudah sebanyak 50 orang. Adapun jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) mencapai 763 orang, padahal sehari sebelumnya berjumlah 496 orang. (OL-14)

Baca Juga

Dok BPBD Kabupaten Ciamis

Atap Ruang IGD Roboh, 13 Pasien Dievakuasi

👤Kristiadi 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 07:15 WIB
Atap gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD) di lantai dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat roboh, Senin...
ANTARA/ BBKSDA Riau

BKSDA Aceh Selamatkan Harimau Sumatra Terkena Jerat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 06:43 WIB
Harimau Sumatra tersebut diperkirakan berumur 2-3 tahun dengan jenis kelamin betina dan memiliki berat 45–55...
MI/John Lewar

Gugatan Paket Misi Ditolak, Koalisi Edi-Weng Tidak Terkejut

👤John Lewar 🕔Selasa 20 Oktober 2020, 06:34 WIB
Gugatan pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Manggarai Barat, Maria Geong dan Silverus Sukur (paket Misi) ditolak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya