Selasa 24 Maret 2020, 16:38 WIB

Putri Gus Dur Ajak Saling Jaga Hadapi Covid-19

Furqon Ulya Himawan | Humaniora
Putri Gus Dur Ajak Saling Jaga Hadapi Covid-19

MI/Adam Dwi
Alissa Qotrunnada Munawaroh atau yang karib disapa Alissa Wah

 

PUTRI pertama Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, Alissa Qotrunnada Munawaroh atau yang karib disapa Alissa Wahid, mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bergotong royong membantu kelompok rentan ekonomi di tengah mewabahnya virus korona atau Covid-19 di Indonesia.

Menurut Alissa Wahid, wabah Covid-19 telah menjadi bencana yang merugikan kesehatan, sosial, dan ekonomi warga. Masyarakat miskin kota dan pekerja informal, lanjut dia, menjadi salah satu kelompok rentan yang sulit menyambung hidup pada situasi wabah Covid-19 seperti saat ini. “Mereka bergantung pada penghasilan harian,” katanya, Senin (23/03).

Agar mereka bisa tenang dan di rumah saja, lanjut Alissa, perlu ada gerakan sosial bersama dan aksi nyata membantu mereka mengatasi kesulitan hidup harian di tengah Covid-19 yang mewabah di Indonesia. “Agar mereka bisa di rumah saja dengan lebih tenang dan mereka bisa jaga diri, jaga jarak, sesuai imbauan pemerintah untuk bekerja dari rumah,” kata Alissa yang juga menjadi Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian,

Jaringan Gusdurian, menurut Alissa, bekerja sama dengan Gerakan Islam Cinta, memulai inisiatif melakukan penggalangan dana donasi melalui kitabisa.com/bantuekonomiwarga. Dan dana yang terkumpul akan disalurkan kepada pekerja harian yang pendapatannya hilang karena wabah Covid-19.

Bantuan yang terkumpul nantinya akan diberikan berupa paket sembako dan paket bersih sehat yang akan dikirimkan melalui ojek agar ada efek domino ekonomi. “Tentunya kami berikan pembekalan keselamatan terlebih dahulu,” imbuhnya.

Alissa berharap, Gerakan Saling Jaga bisa menjadi insentif agar warga dapat menjalankan imbauan Presiden Joko Widodo yang meminta masyarakatnya bekerja dari rumah. “Yuk mari kita bergotong royong melalui gerakan Saling Jaga Hadapi Corona,” ajaknya. (OL-12)

 

Baca Juga

dok pemprov jatim

Rumah Dinas Gubernur Jatim Jadi Posko Command Center Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Minggu 05 April 2020, 09:56 WIB
Rumah dinas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berlokasi di sisi timur Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo...
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)/Tim MI

Jenazah tidak Tularkan Virus

👤Ata/Aiw/RF/J-1 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Saat orang meninggal, selnya mati sehingga virus tidak akan berkembang. Sifat virus dalam jenazah sama dengan virus yang ada di tanah,...
MI/ROSMERY C SIHOMBING

Sido Muncul Hadirkan Kebaikan di Tengah Pandemi

👤Ykb/Ten/I-2 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Bantuan tersebut untuk membantu upaya melawan pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya