Selasa 24 Maret 2020, 14:10 WIB

BUMN Bakal Bantu Pengadaan APD Medis

Hilda Julaika | Ekonomi
BUMN Bakal Bantu Pengadaan APD Medis

Antara
Menteri BUMN Erick Thohir

 

Saat ini persediaan masker dan alat perlindungan diri (APD) untuk tenaga medis masih kekurangan. Sementara itu, kasus Covid-19 terus melonjak penyebarannya. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohor mengatakan akan membantu pemerintah dengan berupaya membeli APD dari luar negeri.  Sebab BUMN Indonesia tidak ada yang memproduksi APD di dalam negeri.

“BUMN sekarang  berupaya membeli APD dari luar negeri. Pembelian APD ini untuk dimasukan ke dalam negeri (untuk keperluan medis). PT Garuda Indonesia sudah siap kargonya,” ujarnya melalui konferensi secara virtual di Jakarta, Selasa (24/3).

Lebih lanjut Erick mengakui bahwa perusahaan BUMN selama ini memang belum memproduksi APD. Sementara itu, dari pihak swasta diketahui baru terdapat dua perusahaan yang melakukan produksi APD ini. Namun, memang sejauh ini kebutuhan APD lebih besar ketimbang ketersediaan APD di dalam negeri. Untuk itu, pembelian dari luar negeri atau impor menjadi alternatif yang diupayakan.

“Untuk APD (kita)  tidak membuat APD dari BUMN. Yang buat swasta ada 2, sejauh ini mereka yang membuatnya,” jelas Erick.

Sementara itu, BUMN telah berupaya membantu pengadaan alat kesehatan (alkes) berupa masker. Masker yang diproduksi oleh Kimia Farma sebanyak 4,7 juta ini dikatakan Erick sudah didistribusikan. Rencananya pada April mendatang Kimia Farma akan melakukan produksi kembali.

Pihaknya pun melakukan kerja sama untuk swasta agar melakukan produksi masker. Terutama saat ini Pemerintah sudah memberikan keringanan impor bahan baku masker yang belum ada di Indonesia. (Hld)

Baca Juga

Antara/Puspa Perwitasari

Ada Covid-19, Perusahaan Ini Percepat Bagi Bonus Karyawan Rp318 M

👤Raja Suhud 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 23:50 WIB
Manajemen Indosat juga mengumumkan segera memberikan bonus tahunan lebih awal sebesar total Rp318 miliar kepada seluruh...
Antara/Abriawan Abhe

Ini Tata Cara Pengerjaan Proyek Perkeretaapian Selama Covid-19

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 22:10 WIB
Disarankan penundaan sementara pekerjaan switch over yang melibatkan jumlah personil yang banyak (tidak dimungkinkan untuk menjaga...
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Terminal 1 dan Terminal 2 Bandara Soetta Ditutup Sebagian

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 28 Maret 2020, 21:29 WIB
Pembatasan pengoperasian Terminal 1 dan Terminal 2 dilakukan dalam rangka optimalisasi pengendalian alur penumpang baik Domestik maupun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya