Selasa 24 Maret 2020, 11:49 WIB

Diduga Dicuri, Ribuan Masker di RSUD Pagelaran Cianjur Raib

Benny Bastiandy | Nusantara
Diduga Dicuri, Ribuan Masker di RSUD Pagelaran Cianjur Raib

MI/Benny Bastiandy
Direktur Utama RSUD Pagelaran, Awie Darwizar,

 

SEBANYAK 200 boks atau sebanyak 10 ribu buah masker di RSUD Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, raib. Diduga, hilangnya masker tersebut karena dicuri oknum tak bertanggung jawab. Berdasarkan informasi, hilangnya ribuan masker tersebut diketahui saat ada permintaan bantuan dari RSUD Sayang Cianjur ke RSUD Pagelaran menyusul mewabahnya pandemi covid-19. Sebelumnya, di Gudang Instalasi Farmasi RSUD Pagelaran jumlah stok opname masker diketahui terdapat sebanyak 275 boks.

Direktur Utama RSUD Pagelaran, Awie Darwizar, mengaku dirinya sudah menyiapkan permintaan masker yang dibutuhkan RSUD Sayang Cianjur. Sebab, hasil pengecekan di Gudang Instalasi Farmasi, masih tersedia cukup banyak masker.

"Saat itu di gudang ada persediaan masker sebanyak 275 boks. Ini masker bedah. Kami menyiapkan sebanyak 15 boks untuk memenuhi kebutuhan RSUD Sayang Cianjur," kata Awie ditemui di Pendopo Cianjur, Selasa (24/3).

Namun, lanjut Awie, saat dilakukan cek ulang, persediaan masker di Gudang Instalasi Farmasi raib. Hasil penghitungan, terdapat 200 boks masker yang hilang dari gudang.

"Itu sekitar 10 ribu buah masker. Masing-masing boks itu isinya 50 buah," jelas Awie.

Hilangnya masker dari Gudang Instalasi Farmasi RSUD Pagelaran bukan kali pertama. Sebelumnya, pada Februari diketahui juga terjadi dugaan pencurian sebanyak 200 boks.

"Oh iya, pada bulan Februari setelah digali informasi, ternyata memang ada kejadian hal serupa. Kehilangan 5 karton besar. Satu karton besar itu isinya 40 dus. Jadi, ada 200 boks atau sekitar 10 ribu buah masker. Kalau dihitung, dari dua kali kejadian hilangnya masker itu, kita kehilangan hampir 20 ribu pieces," tuturnya.

Saat ini di Gudang Instalasi Farmasi RSUD Pagelaran tersisa sebanyak 60 boks atau sebanyak 3 ribu buah masker. Ironisnya, saat ini masker merupakan salah satu alat pelindung diri yang dibutuhkan paramedis dalam menghadapi pandemi covid-19.

"Kalau menghitung kerugian, sekarang kan masker sulit dicari dan mahal harganya. Dirata-rata Rp300 ribu per boks saja bisa terhitung jumlah kerugiannya berapa," ungkapnya.

Dugaan sementara, kata Awie, hilangnya ribuan masker itu ada unsur kesengajaan alias dicuri. Apalagi dari hasil pemeriksaan stok opname terakhir, tidak terdapat kerusakan di Gudang Instalasi Farmasi.

"Saya sudah laporkan kasus ini ke pak Plt Bupati yang langsung melaporkan juga ke Kapolres. Saya serahkan sepenuhnya penyelidikan dan penyidikan kasus ini ke polisi. Ada atau tidaknya dugaan keterlibatan orang dalam, itu nanti menunggu hasil penyelidikan dan penyidikan polisi. Di gudang juga terpasang CCTV," pungkasnya.

baca juga: Satu PDP di Sulawesi Selatan Meninggal Dunia

Kapolres Cianjur Ajun Komisaris Besar Juang Andi Priyanto mengaku masih mendalami laporan hilangnya ribuan masker di RSUD Pagelaran. Saat ini masih dalam tahap meminta keterangan saksi dan mempelajari alat bukti.

"Itu sudah tidak manusiawi. Kalau nyuri masker itu sudah tidak manusiawi. Doakan mudah-mudahan segera terungkap," tegas Kapolres. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Freeport Dukung Mitigasi Covid-19 Dengan Laboratorium Lengkap

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 01 Juni 2020, 13:12 WIB
Melalui dua alat tes PCR dan sekitar 50.000 alat rapid test yang PTFI datangkan baru-baru ini, PTFI dapat cepat mendeteksi dan mengisolasi...
MI/Benny Bastiandy

KPU Cianjur Hitung Ulang Penambahan Anggaran Pilkada 2020

👤Benny Bastiandy 🕔Senin 01 Juni 2020, 12:53 WIB
KPU Kabupaten Cianjur akan mengikuti pelaksanaan tahapan kembali sesuai dengan PKPU tentang tahapan, program, dan jadwal setelah nanti...
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Banjir Rob Kembali Rendam Pantura Jateng

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 01 Juni 2020, 12:49 WIB
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak Agus Nugroho mengatakan banjir rob di Demak cukup parah kerena bersamaan dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya