Selasa 24 Maret 2020, 10:34 WIB

Alat Rapid Test Covid-19 Mulai Dijual Secara Daring

Annisa Ayu Artanti | Humaniora
Alat Rapid Test Covid-19 Mulai Dijual Secara Daring

Dok.MI
Ilustrasi perdagangan berbasis elektronik (e-commerce).

 

SEJUMLAH toko daring yang berada di bawah naungan platform e-commerce, Shopee, mulai menjual alat deteksi cepat virus korona (Covid-19), atau dikenal rapid test.

Pemilik toko mematok harga bervariasi, mulai dari Rp 165 ribu hingga Rp 7,5 juta. Berdasarkan penelusuran tim Medcom.id, Senin (24/3), sekitar tujuh toko daring terpantau menjual alat rapid test.

Misalnya, akun Vanderisme yang berlokasi di Jakarta Barat, menjual alat rapid tes seharga Rp 165 ribu. Pemilik toko mengklaim alat bernama Kaset Tes Cepat Covid-19 memiliki tingkat akurasi hingga 99%.

Baca juga: Rapid Test Dilakukan untuk Orang Melakukan Kontak Tracing

Namun setelah ditelusuri lanjut, ternyata alat tes tersebut tidak tersedia saat ini. Pembeli harus melakukan pemesanan barang sekitar 15 hari untuk mendapatkan alat tes Covid-19.

"PO (pre-order) 15 hari. Untuk estimasi tiba 7 April," bunyi pesan otomatis dari toko tersebut. Tidak berhenti sampai di situ, pemilik toko juga berani memberikan potongan harga menjadi Rp 123 ribu untuk pembelian 3.000 buah.

Senada dengan akun itsvinz88 yang berbasis di Kota Malang. Pemilik toko menjual rapid test corona Covid-19 human kit dengan sistem pre-order. Adapun harga yang dipatok berkisar Rp 250 ribu-Rp1,1 juta. Dalam keterangan pembelian, satu set alat tes terdiri dari satu buah palet kit, satu buah jarum, satu buah alkohol pad, satu buah pipet dan satu botol dilution buffer (untuk darah).

Baca juga: Pemerintah Kaji Penerapan Rapid Test Telusuri Kasus Covid-19

Namun, ketika tim Medcom.id mencoba memesan, sang penjual mengatakan barang tersebut sudah laku terjual 1.000 buah. Pemilik toko pun menawarkan untuk pembelian kloter kedua. Kembali di wilayah Jakarta Barat, terdapat toko daring lainnya yang menjual rapid test dengan harga fantastism yakni Rp7,5 juta.

Pemilik toko menjual dalam produk dalam bentuk paket, yaitu satu boks berisi 25 set rapid test. Kemudian, terdapat klaim bahwa hasil rapid test terkait virus korona dapat muncul dalam waktu 15 menit. Sedangkan beberapa platform e-commerce, seperti Lazada, Bukalapak dan Tokopedia, terpantau belum menjual alat tes Covid-19.(Medcom/OL-11)

Baca Juga

Antara/Aji Styawan

Terumbu Karang di Karimunjawa Rusak, Kerugian Capai Rp12 Juta/m2

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:49 WIB
Valuasi ekosistem terumbu karang yang dilakukan Munasik bersama sejumlah peneliti lainnya meliputi ecological value dan services...
Dok. Kementerian Agama

Buka BQMI di TMII, Wamenag Berharap Pemahaman Alquran Meningkat

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:37 WIB
Kementerian Agama memastikan kesiapan Bayt Al-Qur’an dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat di era kenormalan baru dengan tetap...
Dok Chendra Panatan

15 Tahun Mati Suri Festival danc(E)motion Dibangkitkan Korona

👤Retno Hemawati 🕔Selasa 07 Juli 2020, 22:29 WIB
Festival Film Tari "danc(E)motion 2020" bangkit setelah 15 tahun tertidur dan menemukan bentuknya yang baru dalam kelahirannya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya