Selasa 24 Maret 2020, 10:12 WIB

Jokowi Sebut Covid-19 Sudah Menyebar di 189 Negara

Nur Azizah | Humaniora
Jokowi Sebut Covid-19 Sudah Menyebar di 189 Negara

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebut virus korona (Covid-19) sudah menyebar luas ke segala penjuru dunia. Pasalnya, virus ini sudah menjadi pandemi.

"Laporan yang saya terima dari kedubes (kedutaan besar) dan dari Menlu (Menteri Luar Negeri Retno Marsudi) sampai saat ini Covid-19 menyebar di 189 negara," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Negara, Selasa (24/3).

Menurut dia, dalam dua hari terakhir, ada tiga negara baru yang disusupi virus korona, yakni Suriah, Grenada, dan Mozambik. Jokowi menyebut korona memang sulit dicegah masuk ke suatu daerah.

Baca juga: Duka Presiden atas Wafatnya Tenaga Medis

Dia menekankan semua pihak harus memiliki visi yang sama dalam penanganan virus berbahaya ini. Langkah yang diambil harus mempertimbangkan keselamatan dan kehidupan warga.

"Contoh sebuah provinsi, kabupaten, kota, ingin buat kebijakan sekolah diliburkan, kantor ditutup, kemudian tempat transaksi ekonomi, pasar ditutup, tolong dihitung dampak sosial, ekonomi," jelas Kepala Negara.

Kasus positif Covid-19 di seluruh Indonesia per Senin (23/3), mencapai 579 pasien. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu menyebabkan 49 kematian di Tanah Air. Sementara itu, 30 orang berhasil sembuh.

Pasien positif virus korona terbanyak berada di Jakarta. Data di situs corona.jakarta.go.id menyebutkan ada 356 pasien positif di Ibu Kota. Sebanyak 218 pasien masih dirawat, sedangkan 85 lainnya isolasi mandiri. Pasien sembuh mencapai 22 orang dan meninggal 31 orang. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Christophe SIMON

Hari Ini, 50 Ribu Alat Tes Covid-19 Tiba dari Korsel

👤Antara 🕔Minggu 05 April 2020, 14:15 WIB
Alat tes Covid-19 itu berupa PCR diagnostic...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Pemerintah Diminta Fokus Jalankan PSBB

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 05 April 2020, 13:19 WIB
Salah, bila pemerintah menangani pandemi ini dengan menerbitkan kebijakan kedaruratan...
Istimewa

Selebritas, Influencer, VIU Dukung Tenaga Medis Atasi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 April 2020, 13:16 WIB
VIU menggandeng para selebritas dan influencer guna menggalang bantuan pengadaan APD bagi para tenaga medis yang berjuang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya