Selasa 24 Maret 2020, 09:24 WIB

Bencana Longsor di Wonogiri Terjang Sejumlah Rumah Warga

Widjajadi | Nusantara
Bencana Longsor di Wonogiri Terjang Sejumlah Rumah Warga

MI/Widjajadi
Bencana longsor menerjang rumah warga di Dusun Kepuh, Desa Plosorejo, Kec Kismantoro, Wonogiri, Senin (23/3/2020).

 

HUJAN deras sepanjang Senin (23/3) mengakibatkan terjadinya bencana longsor di sejumlah desa di dua kecamatan wilayah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.Total kerugian mencapai ratusan juta rupiah. 

"Tidak ada korban jiwa, tetapi mengakibatkan kerugian lumayan besar, karena sejumlah rumah warga memgalami kerusakan diterjang longsor," tukas Kepala Pelaksana (Kalakhar) BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Selasa pagi (24/3).

Dia paparkan, para relawan Desa Tangguh Bencana (Destana), warga terdampak dibantu petugas BPBD bersama TNI/Polri langsung melakukan pembersihan material longsor yang menimpa sejumlah dan menutup jalan perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur. Lokasi longsor di Dusun Nglencung, Desa Sidorejo, Kecamatan Tirtomoyo yang menghantam rumah milik Yatno, mengakibatkan dinding ambrol.

Lebih parah lagi rumah milik Nyamen di Dusun Sidowayah  RT 03 RW 09 Desa Sidorejo yang diterjang longsor tebing setinggi 30 meter dengan lebar 20 meter, langsung roboh. Kerugian lebih dari Rp 50 juta.

"Upaya pemulihan dampak kejadian dilakukan pada hari ini (Selasa,24/3), secara gotong royong oleh relawan Destana  personil TNI dan Polri serta BPBD.Kita juga bantu logistik," imbuh Bambang Haryanto.

Bencana longsor menerjang rumah warga juga terjadi di kecamatan Kismantoro, tepatnya di Dusun Kepuh, Desa Plosorejo.Rumah milik Prawiro,warga Kepuh RT 03 RW 01 mengalami rusak parah,karena dinding ambrol.

Sedang di Dusun Waru, Desa Bugelan, tebing desa juga longsor menutup jalan masuk rumah warga. Lalu di Desa Pucung, tanah longsor menutup badan Jalan jalur propinsi Jateng- Jawa Timur, sehingga tidak bisa dilewati, ksrena akses jalan menjadi terputus.

"Kegiatan pemulihan telah dilakukan kemarin petang, mengingat jalur itu cukup vital bagi warga perbatasan," katanya.

baca juga: Guru Besar UGM Wafat karena Covid-19, Pemakaman Disiarkan di IG

Sementara talud jembatan dan jalur jalan antar desa di Gesing juga mengalami rusak parah diterjang longsor yang terjadi pada Senin sore itu.

"Dan kita telab berkoordinasi dengan pihak Bina Marga untuk perbaikannya," tegas dia sekali lagi. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Rendy Ferdiansyah.

BMKG : Aceh Harus Waspadai Cuaca Ekstrem Hingga Pekan Depan

👤Mediaindonesia 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:30 WIB
Hingga awal pekan depan 'share line' (belokan angin) masih akan terjadi di...
Istimewa

Penyuluh Harus Masif Kawal Petani Food Estate Kalteng

👤Surya Sriyanti 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 20:55 WIB
PENYULUH pusat dan daerah harus lebih masif mendampingi petani ditarget lokasi food estate di Kabupaten Kapuas, Kalteng. Sebab olah...
ANTARA

Ke Yogya Dalam Kondisi Tidak Fit? Bersiap Dihukum Menyapu Jalan

👤Ardi Teristi 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 18:50 WIB
Wisatawan yang ingin datang ke Yogyakarta juga diminta memastikan diri tidak mempunyai kontak erat dengan orang positif Covid-19 atau...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya