Selasa 24 Maret 2020, 09:15 WIB

Formula 1 Optimistis Musim 2020 akan Tetap Bisa Digelar

Antara | Olahraga
Formula 1 Optimistis Musim 2020 akan Tetap Bisa Digelar

AFP/Douglas Magno
Formula 1

CEO Formula 1 Chase Carey berharap musim balapan 2020 bisa dimulai pada musim panas, sekitar pertengahan tahun, dengan revisi kalender yang terdiri dari 15 hingga 18 balapan.

Delapan seri awal di kalender F1 2020 yang dijadwalkan telah terdampak pandemi virus korona, mulai dari Australia, Bahrain, Vietnam, Tiongkok, Belanda, Spanyol, dan Monako, yang akhirnya memutuskan tidak akan menjadi tuan rumah Grand Prix tahun ini.

Kemudian seri Azerbaijan yang baru saja diputuskan ditunda pada Senin (23/3) waktu setempat.

Baca juga: GP Azerbaijan Juga Terancam Ditunda karena Covid-19

Namun, Carey bersikeras musim balapan dapat dimulai, kendati mengaku saat ini tidak memungkinkan untuk mendapat gambaran akan seperti apa jadwalnya.

"Sementara saat ini tidak ada yang bisa memastikan kapan situasi membaik. Namun, ini akan membaik dan ketika demikian, kami akan siap membalap lagi. Kami sangat berkomitmen membawa musim balapan 2020 kepada para penggemar," kata Carey seperti dikutip laman resmi Formula 1, Selasa (24/3).

"Kami dan mitra kami sangat berharp musim ini bisa mulai suatu saat di musim panas nanti dengan kalender yang direvisi antara 15-18 balapan," lanjutnya.

Dampak pandemi Covid-19 juga telah memaksa Formula 1 memajukan sesi jeda musim panas dari Agustus ke Maret dan April dengan harapan bisa mengebut seri balapan yang tertunda tanpa libur di tengah padatnya jadwal.

Sebelumnya, FIA juga telah memutuskan menunda penerapan regulasi baru pada 2021.

"Menyediakan jadwal spesifik belum memungkinkan saat ini karena situasi yang mudah berubah. Tapi, kami harap bisa memberi wawasan yang lebih jelas dari situasi ini kepada setiap negara tuan rumah, juga tentang masalah-masalah terkait perjalanan di negara-negara itu, dalam beberapa bulan mendatang."

Jika musim balapan tahun ini bisa dimulai pada musim panas nanti, Carey berharap bisa menuntaskan seri terakhir yang ada di kalender pada akhir November.

GP Kanada yang dijadwalkan digelar pada 14 Juni kemungkinan akan menjadi seri pembuka jika tidak ada perubahan. (OL-1)

Baca Juga

Dok. KONI Pusat

Bahas Kelanjutan Kompetisi, KONI Pusat Temui Petinggi Polri

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:20 WIB
Olahraga prestasi di Indonesia terhenti sejak pandemi Covid-19 mewabah. Praktis kompetisi olahraga berhenti total sejak bulan Maret...
Ilustrasi

Dua Calon Ketum PBSI Sudah Ambil Formulir Pendaftaran

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 17:16 WIB
Ketua Tim Penjaringan Calon Ketua Umum PBSI Adi Sukarno mengkonfirmasi saat ini telah ada dua calon kandidat yang telah mengambil formulir...
Ashley Landis-Pool/Getty Images/AFP

Indiana Pacers Resmi Tunjuk Bjorkgren Sebagai Pelatih Kepala

👤┬áRifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 16:03 WIB
Bjorkgren merupakan asisten pelatih Toronto Raptors selama dua musim terakhir, bersama Bjorkgren, Raptors sukses menjadi juara NBA...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya