Selasa 24 Maret 2020, 06:18 WIB

Pasien Terlanjur Dipulangkan Ternyata Positif Korona

Hijrah Ibrahim | Nusantara
Pasien Terlanjur Dipulangkan Ternyata Positif Korona

MI/Hijrah Ibrahim
Juru Bicara Satgas Covid 19 Maluku Utara dr. Rosita Alkatiri

 

SATU pasien dalam pengawasab (PDP) di RSUD Chasan Boesoirie Ternate, Provinsi Maluku Utara, dinyatakan positif terjangkit covid-19. Juru Bicara Satgas Covid 19 dr. Rosita Alkatiri menyampaikan hal itu di Posko Covid Penaggulangan Virus Corona, Senin (23/3). Pasien tersebut sebelumnya telah dipulangkan oleh pihak rumah sakit karena kondisinya membaik pada Sabtu (21/3).Pasien 01 ini telah melewati masa inkubasi selama 14 hari.

Juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Utara, dr. Rosita Alkatiri didampingi Kepala Dinas Kesehatan Idhar sidi Umar, Kepala Biro Humas Mulyadi Tutupoho dan Sekertaris BPBD Provinsi Malut Ali kepada wartawan mengatakan ternyata dari hasil laboratorium Puslitbangkes Jakarta, pasien yang sudah dipulangkan itu positif virus korona. 

"Pasien 01 ini sebelumnya telah dipulangkan oleh tim dokter penanganan Covid-19 RSUD Chasan Boesoirie pada Sabtu (21/3) karena telah dinyatakan membaik. Namun hasil pemeriksaan specimen dari Puslitbangkes di Jakarta menyatakan pasien 01 positif korona," kata Rosita.

Specimen pasien 01 ini dikirim ke Jakarta pada 18 Maret lalu dan hasilnya baru diterima Senin (23/3). Sedangkan pasien sudah pulang pada Sabtu (21/3). Dengan adanya satu kasus terkonfirmasi positif covid-19, Satgas Penanggulangan Covid-19 saat ini melakukan pencarian siapa saja orang yang telah melakukan kontak dengan pasien 01.

baca juga: Pemkab Sidoarjo Tutup Paksa Tempat Hiburan, Warkop, Kafe & Resto

"Orang yang kontak dengan pasien 01 sudah diisolasi di RSUD Chasan Boesoire. Adapun penangan pasien positif covid-19 telah dilakukan sesuai denga SOP yang telah dibagikan termasuk penggunaan alat pelindung diri," kata Rosita.

Saat ihi jumlah orang dengan isolasi mandiri mencapai 309 orang, orang dalam pemantauan (ODP) 7 orang, dan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 5 orang. (OL-3)


 

Baca Juga

MI/Kristiadi

120 Polisi Lalu Lintas Disiagakan di Jalur Utama Selatan Jabar

👤Kristiadi 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 09:54 WIB
Menghadapi cuti bersama dan liburan panjang, sebanyak 120 polisi Lalu Lintas disiagakan di jalur utama selatan Jawa...
Ist

Meski Pandemi, Pelindo IV Tetap Penuhi Kebutuhan KTI

👤Lina Herlina 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 09:45 WIB
Selain tetap menjaga ketersediaan logistik untuk domestik, pihaknya juga tetap berusaha memenuhi kebutuhan barang untuk warga dunia melalui...
DOK IKP KOMINFO

In Radio Kep Babel 97,6FM Raih 3 Penghargaan Indonesiapersada.id

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 Oktober 2020, 09:42 WIB
Reporter Yudistira dari LPPL In Radio Pemprov Babel berhasil meraih Terbaik I kategori Reportase Terbaik dan Terbaik II kategori Presenter...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya