Selasa 24 Maret 2020, 00:04 WIB

Pembatasan Layanan Lancar, Penumpang MRT Terus Berkurang

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pembatasan Layanan Lancar, Penumpang MRT Terus Berkurang

Antara/Galih Pradipta
Social distancing di MRT

 

SETELAH ditetapkannya status DKI Jakarta menjadi Tanggap Darurat Bencana Covid-19 serta arahan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dalam rangka antisipasi penyebaran pandemi Covid-19, perubahan signifikan terjadi pada MRT Jakarta.

Imbauan kepada masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah dirasa semakin efektif, terlihat dari situasi stasiun dan kereta di mana tampak penumpang dalam jumlah yang sangat sedikit dengan penerapan jarak social (social distancing).

"Pemberlakuan perubahan jam operasional MRT Jakarta dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 20.00 WIB berjalan lancar tanpa menimbulkan antrian atau penumpukan penumpang," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin dalam keterangan resminya, Senin (23/3).

Tercatat rata-rata jumlah penumpang MRT Jakarta dari tanggal 16-20 Maret 2020 pekan lalu adalah sebanyak 22.448 penumpang.

Baca juga : YLKI: Kepadatan Penumpang KRL karena Belum Semua Karyawan WFH

Hal ini mengindikasikan terjadi penurunan signifikan di mana pada kondisi normal rata-rata penumpang di hari kerja dapat mencapai 90-100 ribu penumpang.

Begitupula pada akhir pekan, jumlah penumpang sudah sangat rendah dengan rata-rata selama dua hari (Sabtu dan Minggu) sebanyak 5.000 penumpang perhari.

"Meskipun adanya penurunan yang signifikan pada jumlah penumpang, PT MRT Jakarta tetap memastikan Protokol Pencegahan Penyebaran Covid-19 di lingkungan MRT Jakarta diterapkan dengan baik," tukasnya.

Pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang, pembersihan rutin aset dan fasilitas, penyediaan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) serta fasilitas tempat cuci tangan, dan imbauan untuk memberlakukan jarak sosial atau social distancing tetap dilakukan secara ketat. (OL-7)

Baca Juga

MI/Kisar Rajagukguk

Memasang Tanda Kuburan Massal Covid-19

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 03:00 WIB
ISAK tangis mewarnai pemakaman massal korban penyakit menular di blok khusus Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok...
ANTARA

Anies Jangan lagi One Man Show

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 02:20 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan diharapkan tidak lagi sibuk bekerja sendiri setelah terpilihnya Wakil Gubernur DKI...
MI/Ramdani

Ini Aktivitas yang Harus Dihindari Selama PSBB di DKI

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 08 April 2020, 02:15 WIB
Akan ada tindakan penertiban bagi warga yang masih berkerumunan lebih dari lima orang. Penindakan ini akan melibatkan kepolisian dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya