Senin 23 Maret 2020, 23:54 WIB

Kartu Prakerja Bisa Digunakan Tambah Keahlian di Tengah Pandemi

Antara | Ekonomi
Kartu Prakerja Bisa Digunakan Tambah Keahlian di Tengah Pandemi

Dok. HarukaEdu
Kerja sama HarukaEdu dengan Kementerian zkoordinator Perekonomian

 

MENTERI Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan masyarakat bisa mempelajari keahlian baru saat pandemi global virus Covid-19 melalui Kartu Prakerja.

Hal itu karena adanya fitur pelatihan daring (online) untuk pemegang kartu Prakerja, sehingga bisa digunakan untuk mematuhi mbauan tetap di rumah dari pemerintah mencegah penularan wabah covid-19.

"Melalui kartu ini, dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin mendapatkan keahlian baru, meningkatkan kapasitasnya maupun mempelajari bidang baru," ujar Airlangga dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Pelatihan daring diselenggarakan lewat kerja sama dengan sejumlah platform penyedia pelatihan online,

Salah satu perusahaan pembelajaran daring yang ditunjuk yakni Pintaria yamg merupakan portal pembelajaran berkelanjutan yang dikembangkan oleh HarukaEDU.

Perusahaan itu bekerja sama dengan sejumlah universitas dan lembaga pelatihan terpercaya, Pintaria menyediakan berbagai macam program kuliah dan kursus, baik daring, luring, maupun campuran.

Baca juga : Bantu Atasi Covid-19, Kalbe Siapkan Anggaran Rp25 Miliar

Salah satu pendiri Pintaria Gerald Ariff mengatakan pihaknya bangga menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam membangun kualitas sumber daya manusia melalui program Kartu Prakerja.

Masyarakat dapat memilih pelatihan yang tepat sesuai dengan potensi atau kebutuhannya.

"Kami menyadari bahwa akan ada ratusan bahkan ribuan program pelatihan yang ditawarkan, karena ini merupakan kesempatan untuk mengikuti pelatihan. Ini hanya diberikan seumur hidup sekali, sangat penting bagi peserta untuk mengikuti program pelatihan yang tepat. Kami akan fokus dalam membantu peserta memutuskan pilihannya," terang Gerald.

Selain itu, pengguna juga bisa mendapatkan rekomendasi berdasarkan kategori pekerjaan yang diminati atau lowongan pekerjaan yang tersedia serta lokasi pengguna.

Kemudian, sistem pembelajaran yang digunakan untuk pelaksanaan pelatihan daring, luring, dan campuran, sehingga memudahkan pengguna dan lembaga pelatihan untuk menjalankan dan memonitor pelaksanaan pelatihan.

Kategori pelatihan yang tersedia, mencakup pelatihan populer seperti bahasa inggris, kewirausahaan, digital marketing, pemograman, sales, kuliner, kecantikan, public speaking, dan lain sebagainya. (Ant/OL-7)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Swasembada Bawang Putih Makin Menjauh Akibat Aturan Dilanggar

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Maret 2020, 20:28 WIB
selain menabrak UU No.13 Tahun 2010 tentang Hortikultura, juga sekaligus menyepelekan UU 19 Tahun 2013 tentang Perlindungan dan...
MI/Putra Ananda

Pengusaha Garmen: Harga APD Rp50 Ribu karena Calo Jadi Rp1 Juta

👤Putra Ananda 🕔Senin 30 Maret 2020, 19:37 WIB
"Karena oknum dan calon tersebut, akibatnya harga APD yang beredar di pasaran saat ini melonjak hingga Rp300 ribu-Rp1 juta, padahal...
Antara/Idhad Zakaria

Menteri BUMN Pastikan Proyek Strategis Terus Berjalan

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 30 Maret 2020, 18:44 WIB
"Penting juga memberi sinyal positif bahwa di tengah-tengah kita amat fokus pada penanggulangan korona. Tapi tetap ekonomi kita harus...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya