Selasa 24 Maret 2020, 04:30 WIB

Panitia Pemungutan Suara Terpaksa Dirumahkan

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Panitia Pemungutan Suara Terpaksa Dirumahkan

Dok. Pribadi
Ketua KPU Bangka Barat, Pardi.

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) di daerah langsung menghentikan proses tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) terkait dengan pandemi virus korona. Penghentian dilakukan sesuai surat edaran KPU Pusat tentang penundaan tahapan pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota.

Keputusan itu membuat beberapa agenda kegiatan yang telah direncanakan ditunda dan dibatalkan. Bahkan di Kabupaten Bangka Barat, Pro­vinsi Bangka Belitung, petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang seharusnya mulai bekerja kemarin, terpak­sa dirumahkan dahulu sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Seharusnya hari ini (kema­rin) mereka sudah mulai kerja, sesuai tahapan PKPU. Tapi karena ada surat edaran KPU untuk menunda tahapan, jadi mereka sementara ini mereka dirumahkan,” kata Ketua KPU Bangka Barat, Pardi.

Menurutnya, dengan adanya keputusan KPU RI, masa jabatan PPS yang dilantik beberapa waktu lalu akan diatur kembali.

Hal serupa terjadi di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang membekukan surat keputusan pengangkatan PPS dan menunda pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih yang sedianya dilakukan pekan ini.

Di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, be­berapa agenda yang ditunda, antara lain pelantikan PPS, pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih, dan pelaksanaan pemutakhiran daftar pemilih.

Komisioner KPU Purbaling­ga­ Andri Supriyanto mengatakan, memang dalam surat edaran menyebutkan, bagi daerah yang tidak terlalu terdampak dapat melanjutkan tahapan pilkada. Namun, setelah dikaji lebih mendalam ternyata di Purbalingga tidak memungkinkan melanjutkan tahapan.

Penundaan pelantikan anggota PPS juga terjadi di lima kabupaten di Nusa Tenggara Timur (NTT). Lima kabupaten itu ialah Ngada, Manggarai Barat, Manggarai, Sumba Barat, dan Timor Tengah Utara. Penundaan serupa terjadi di Kalimantan Tengah, Riau, dan Tuban (Jawa Timur).

Sementara itu, dua event besar di Sumatra Selatan juga ditunda, yakni Musabaqoh Tilawatil Quran tingkat provinsi yang akan digelar di Kota Prabumulih, pada 3-10 April mendatang, dan Jelajah Alam Serasan Seandanan ke-19 di Ogan Komering Ulu Selatan. (RF/MG/LD/PO/SS/RK/YK/DW/DY/N-1)

Baca Juga

Antara

Pesantren Kiblat Solusi Pendidikan Nasional Masa Covid-19

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:48 WIB
"Pesantren bisa menjadi solusi dan memberikan jalan keluar di tengah keterbatasan yang dimiliki," tegas Panglima Santri Muhaimin...
Ilustrasi

Gubernur Sumut Minta Usut Preman yang Serang Satgas Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:36 WIB
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi minta kepolisian untuk menindak para preman yang menyerang Satgas Covid-19 Mebidang saat menggelar...
ANTARA/Zabur Karuru.

Ada Pasar Burung dan Batu Akik di Bekas Lokalisasi Dolly

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:20 WIB
Sentra Pasar Burung dan Batu Akik luas 840 meter persegi yang diresmikan pada Rabu (21/10) merupakan usulan dari warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya