Selasa 24 Maret 2020, 04:10 WIB

Disiapkan, Dana Bantuan untuk Korban Korona

Ruta Suryana | Nusantara
Disiapkan, Dana Bantuan untuk Korban Korona

MI/Ruta Suryana
Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Denpasar, Dewa Gede Rai.

 

PEMERINTAH Kota Madya (Pemkot) Denpasar, Bali, menyiapkan ang­gar­an untuk membantu warga yang positif terjangkit covid-19. Bantuan ditujukan terutama bagi kepala keluarga yang taraf ekonomi mereka mene­ngah ke bawah.

Besaran bantuan yang diberikan ialah Rp150 ribu per hari selama 14 hari atau mak­simal Rp2,1 juta. Dengan adanya bantuan itu, masyarakat diimbau agar tidak risau memikirkan kehidupan keluarga mereka bila ada kepala keluarga yang positif terjangkit covid-19.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, mengungkapkan saat ini Pemkot Denpasar sudah menganggarkan Rp3,6 miliar untuk penanggulangan covid-19 pada fase pertama.

Anggaran itu digunakan khusus dalam mitigasi, sosialisasi, dan penanganan-pe­nanganan lainnya yang berkaitan dengan covid-19. Pada fase kedua, lanjut Dewa Rai, jika memang berlanjut, Pemkot Denpasar sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp25 miliar.

“Bahkan pada fase ketiga, jika memang pandemi ini terus berlanjut, akan digelontorkan dana APBD sebesar Rp100 miliar. Kita berupaya pada fase pertama dulu, jika berlanjut itu tahapan-tahapan yang kita siapkan,” paparnya.

Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, I Made Mertajaya, menambahkan saat ini pihaknya tengah melakukan proses pembuatan surat keputusan (SK) dan kajian terkait bantuan bagi keluarga yang terjangkit positif covid-19.

Di Jawa Barat, pemerintah dan anggota legislatif daerah diminta lebih maksimal dalam mengatasi penyebaran covid-19. Salah satunya dengan menambah jumlah anggaran untuk pencegahan dan penanganan di masyarakat.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengatakan, gubernur dan bupati/wali kota harus segera merealokasi APBD untuk penanganan pandemi covid-19 yang melanda dunia ini. Menurutnya, kon­­disi saat ini yang luar biasa dan harus di­­atasi dengan cara-cara yang luar biasa pula.

“Kami minta pemerintah daerah berge­rak cepat untuk merealokasi APBD untuk penanganan korona ini,” kata Ono di Bandung­, kemarin.

 

Carter pesawat

Terpisah, Pemerintah Provinsi Nusa Teng­­gara Timur (NTT) menyewa pesawat untuk memobilisasi logistik dan tim medis antarpulau terkait dengan pandemi virus korona.

“Kita carter pesawat Trans Nusa setiap saat. Kalau dokter mau terbang langsung jalan saja,” kata Gubernur NTT Viktor Lais­­kodat saat menggelar rapat persiapan penanganan virus korona di Kupang, kemarin.

Dia menjelaskan, pesawat jenis ATR 76 tersebut disewa selama tiga bulan. Pesawat itu dijadwalkan mengangkut seorang dokter paru dari Kupang untuk disiagakan di Rumah Sakit TC Hillers di Kabupaten Sikka.

Sebagai informasi, saat ini di seluruh wilayah NTT hanya ada empat dokter paru. Tiga di antaranya bertugas di Rumah Sakit WZ Johannes Kupang  dan  satu di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha di Waingapu, Sumba Timur.

Dokter paru yang bertugas di Sumba Timur tersebut, sewaktu-waktu dapat ditebangkan ke Rumah Sakit Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, jika ada warga yang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) virus korona di Labuan Bajo. (Tim/N-3)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

ABK di Pelabuhan Wuring Diberi Edukasi Protokol Kesehatan

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 07:07 WIB
Edukasi Prokes diberikan di Pelabuhan Wuring karena pelabuhan itu merupakan tempat datang dan keluarnya kapal ikan dan...
MI/Ardi Teristi Hardi

Pantai Jungwok Gunungkidul Jadi Pilihan Libur Panjang

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 07:00 WIB
Pantai Junwok di Kalurahan Jepitu, Girisubo, Gunungkidul memiliki pemandangan yang indah, berpasir putih, airnya bersih dan cocok untuk...
ANTARA/Oky Lukmansyah

Polda Aceh Ambil Alih Kasus Tertembaknya Tiga Nelayan di Simeulue

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 06:33 WIB
Tiga nelayan yang sedang melego di perairan Kabupaten Simeulue, Aceh tertembak. Dua nelayan tewas dan satu lainnya kritis. Polda Aceh turun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya