Selasa 24 Maret 2020, 04:00 WIB

Pemda Maksimalkan Antisipasi Covid-19

Media Indonesia | Nusantara
Pemda Maksimalkan Antisipasi Covid-19

ANTARA FOTO/Moch Asim
Tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyelesaikan pembuatan ruang sterilisasi (Sterilization Chamber) portabel di Gedung Pusa

 

PEMERINTAH daerah (pemda) melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan penangkalan meluasnya penularan virus korona (covid-19).

Di Jawa Timur (Jatim), pemerintah provinsi (pemprov) setempat bersiap menyiapkan room screening untuk seluruh aparat sipil negara (ASN) yang masuk kantor. Room screening yang didatangkan khusus dari Universitas Brawijaya, Malang, itu akan ditempatkan di seluruh kantor dinas di lingkungan Pemprov Jatim.

“Kita harus menyiapkan room screening di setiap OPD (organisasi perangkat daerah) karena mereka tetap akan masuk satu hari di kantor dan satu hari bekerja di rumah,”  kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, kemarin.

Selama ini standar operasional prosedur sudah diberlakukan. Kini dimaksimalkan dengan menyiapkan room screening di setiap OPD. Langkah itu diambil karena seorang ASN di Dinas Perhubung­an Jatim telah dinyatakan positif covid-19.

Upaya antisipasi maksimal untuk mencegah penyebaran virus korona juga dilakukan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Ketua Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Antisipasi Penyebaran Covid-19 Provinsi Babel Mikron Antariksa mengatakan, setiap penumpang yang masuk ke wilayah itu selain dipantau dengan thermoscaner juga akan diuap dengan disinfektan.

Ia mengungkapkan, 50 unit alat tersebut datang pada Minggu (22/3) dan digunakan mulai kemarin pagi. “Cara kerjanya,  disinfektan cair diolah alat tersebut menjadi uap, lalu disemprot ke tubuh setiap penumpang,” jelasnya.

Terpisah, Pemerintah Kota Madya (Pemkot) Denpasar mewajibkan seluruh pengemudi ojek online (ojol) untuk melakukan penyemprotan seluruh badan, sepeda motor, helm setiap selesai mengantarkan penumpang. Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Denpasar, Dewa Gede Rai, mengatakan kewajiban semprot badan sangat penting untuk memutus mata rantai penularan covid-19 di Kota Denpasar.

 

Teleconference

Di sisi lain, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mulai mengurangi intensitas rapat yang membahas berbagai persiapan menghadapi Pilkada serentak 2020. Langkah itu diyakini cukup efektif karena bisa mengurangi interaksi dengan orang banyak guna menghindari penyebaran virus korona. Sebagai ganti pelaksanaan rapat yang mengharuskan kehadiran peserta, Bawaslu Cianjur mulai melakukan rapat dengan teleconference.

Rapat dengan menggunakan teleconference juga dilakukan Pemkot Denpasar. (Tim/N-3)

Baca Juga

MI/SUPARDJI RASBAN

Papua Terapkan Pembatasan Sosial, Bukan Lockdown

👤Marcelinus Kelen 🕔Selasa 31 Maret 2020, 23:30 WIB
Papua tidak memberlakukan lockdown, tapi hanya pembatasan sosial yang diperluas dengan berbagai...
MI/Ramdani

Papua Perpanjang Masa Pembatasan Sosial dan WFH

👤Marcelinus Kelen 🕔Selasa 31 Maret 2020, 23:15 WIB
Berdasarkan Surat Edaran No. 440/3705/SET maka Perpanjangan Waktu Kerja di Rumah berlaku hingga 13 April 2020. Namun, akan dievaluasi lagi....
Dok. Pemkab Tabanan

DPRD dan Pemkab Tabanan Gelar Sidang Paripurna VirtualĀ 

👤Achmad Maulana 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:30 WIB
Dipimpin langung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, sidang dihadiri Ketua DPRD I Made Dirga, dan para Kepala...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya