Selasa 24 Maret 2020, 08:35 WIB

Jaringan Gim Daring Lumpuh Dua Kali Dalam Sepekan

Galih Agus Saputra | Weekend
Jaringan Gim Daring Lumpuh Dua Kali Dalam Sepekan

123RF
Jaringan (server) gim daring milik Microsoft Xbox mengalami kelumpuhan dua kali pekan lalu.

Layaknya penduduk di berbagai belahan dunia, jutaan orang di Amerika Serikat dewasa ini juga tengah mempraktekkan pembatasan jarak (social distancing). Pemerintah setempat mengimbau warganya untuk menjauh dari ruang publik seperti, restoran, taman dan lain sebagainya sehubungan dengan pandemi korona.

Hal demikian diduga menjadi faktor lumpuhnya jaringan (server) gim daring milik penyedia layanan gim, Microsoft Xbox. Tak tanggung-tanggung, kelumpuhan itu terjadi dua kali dalam seminggu.

Masalah tersebut mulai muncul sejak Jumat (20/3), pukul 19:00 waktu setempat. Down Detector Microsoft Xbox menunjukkan lonjakan tajam terkait masalah koneksi yang dilaporkan oleh pengguna.

Persoalan itu lantas direspons Microsoft Xbox melalui Twitter, bahwa pihaknya kini tengah mengalami masalah obrolan antarpengguna (party chat), pencarian grup, maupun pencarian pertandingan (matchmaking).

"Teknisi kami sedang mengupayakan perbaikan. Kami akan segera memberitahu Anda melalui unggahan ini, ketika ada pembaruan," tulis pihak manajemen, melalui akun twitter Xbox Support, Sabtu (21/1).

Belum usai masalah di pertama hari, Xbox mengalami kelumpuhan serupa, pada Minggu (22/3). Kali ini, persoalan menjadi lebih serius karena kelumpuhan berlangsung lebih dari dua jam.

Kejadian kedua banyak dilaporkan pengguna melalui perangkat aduan, Xbox One. Sementara status laman Microsoft Xbox Live-nya sendiri, mengkonfirmasi bahwa pihaknya kini tengah mengalami sosial dan gim dalam platform.

Meski begitu, pada Sabtu (21/3), Xbox Support juga telah menginformasikan bahwa pihaknya kini telah menyelesaikan sebagian besar masalah yang menggangu jaringan.

"Teknisi kami telah mengidentifikasi dan memperbaiki masalah seputar 'party chat' dan 'matchmaking'. Kami menghargai laporan Anda. Seperti biasa, kami di sini dan mendengarkan,' tulis Xbox Support dalam halaman twitternya. (M-2) 

Baca Juga

Gatesnotes.com

Rekomendasi Bacaan #DiRumahAja dari Buku Favorit Bill Gates

👤Bagus Pradana 🕔Selasa 07 April 2020, 15:00 WIB
Buku Why We Sleep dikatakan Bill Gates membuatnya mengubah pola...
Patrick Meinhardt /AFP

Terbukti, Anak-anak Lebih Tahan Terhadap Virus Korona

👤Galih Agus Saputra 🕔Selasa 07 April 2020, 11:50 WIB
Kebayakan dari mereka juga tidak memerlukan perawatan intensif di rumah sakit, bahkan kecil kemungkinannya meninggal...
AFP

Supermoon Akan Temani Anda Malam Ini

👤Bagus Pradana 🕔Selasa 07 April 2020, 11:04 WIB
Masih ada beberapa rangkaian supermoon lagi pada tahun...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya