Senin 23 Maret 2020, 15:20 WIB

Prabowo Serahkan Alkes Tiongkok ke RS Penanganan Covid-19

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Prabowo Serahkan Alkes Tiongkok ke RS Penanganan Covid-19

Humas Kemhan
.

 

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto menyerahkan bantuan alat kesehatan (alkes) dari Tiongkok yang akan dipergunakan untuk menghadapi penanganan virus korona atau Covid-19. Langkah ini pertanda keseriusan pemerintah menanggulangi pandemi virus ini.

"Kita sangat serius memandang ancaman yang kita hadapi ini adalah ancaman untuk kita semua. Bukan saja seluruh bangsa Indonesia tapi juga seluruh dunia", ungkap Prabowo di sela penyerahan secara simbolis kepada perwakilan rumah sakit yang ditunjuk sebagai rujukan penanganan Covid-19, di Base Ops TNI AU, Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (23/3).

Acara penyerahan ini dihadiri Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sestama BNPB Harmensyah, Sekjen Kemhan Laksdya TNI Agus Setiadji dan Irjen Kemhan Ida Bagus Purwalaksana.

Menurut Prabowo penyerahan bantuan alkes ini menunjukkan keseriusan pemerintah Republik Indonesia dan semua unsur. Pemerintah Indonesia bekerjasama dengan pemerintah negara sahabat seperti Tiongkok dan perusahaan-perusahaan swasta dari Tiongkok dan dari Indonesia saling bekerja sama bergabung dalam rangka menghadapi ancaman Covid-19.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertahanan bersama Mabes TNI sukses menggelar operasi bantuan kemanusiaan guna membawa alat-alat kesehatan dari Tiongkok untuk membantu Indonesia melawan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Operasi ini dijalankan Kementerian Pertahanan bersama Mabes TNI atas bantuan Kementrian Pertahanan Tiongkok serta dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) sejumlah perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia.

Bantuan yang diberikan berupa alkes seperti Rapid Test dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan guna menekan penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia. Kementerian Pertahanan RI bersama Mabes TNI mengambil langsung bantuan tersebut dengan menggunakan pesawat udara militer milik TNI AU. Pesawat angkut berat C130 Hercules itu berangkat Sabtu (21/3) ke Tiongkok, dan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusumah, Jakarta Senin (23/3). (OL-8).

Baca Juga

MI/IMMANUEL ANTONIUS

Said Didu: Saya Tidak Akan Minta Maaf, Memang Faktanya Begitu

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 07 April 2020, 21:07 WIB
Pemerintah saat ini lebih mengutamakan kebijakan penyelamatan ekonomi dibandingkan dengan kebijakan mengatasi dampak pandemi...
Antara/Dedhez Anggara

NasDem: Penerapan PSBB Sebaiknya Libatkan TNI

👤Putra Ananda 🕔Selasa 07 April 2020, 16:19 WIB
Mengingat TNI memiliki kelengkapan infrastruktur dan sistem komando yang jelas. Sehingga, perlu dilibatkan dalam penanganan...
MI/SUSANTO

​​​​​​​IPW: Sosok Deputi Penindakan KPK Harus Teruji di Lapangan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 07 April 2020, 15:53 WIB
"Sehingga bisa membawa KPK pada penyelesaian kasus korupsi dengan profesional, modern, dan dipercaya publik," ujar Neta, Selasa...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya