Senin 23 Maret 2020, 14:25 WIB

Pemkab Flotim Sosialisasi Cegah Korona ke Pelosok Desa

Ferdinandus Rabu | Nusantara
Pemkab Flotim Sosialisasi Cegah Korona ke Pelosok Desa

ANTARA/Zabur Karuru
Prosesi Semana Santa di Larantuka, Flores Timur, NTT . Kegiatan keagamaan tersebut ditiadakan terkait pencegahan virus korona.

 

SEKALIPUN belum ditemukan kasus positif covid-19, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur terus mengintensifkan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus korona di daerah ini. Pemerintah daerah terus menggalang dan membangun komunikasi dengan seluruh pihak untuk bergotoong royong mencegah penularan covid-19. Termasuk melibatkan seluruh petugas medis di desa-desa untuk aktif memberikan himbauan dan sosialisasi terkait pola hidup bersih dan sehat sebagai cara membentengi diri dari ancaman korona.

Pusat Kesehatan Desa (Puskesdes) di Desa Aransina, Kecamatan Tanjung Bunga misalnya giat memberikan sosialisasi dan penyuluhan terkiat virus covid-19 ini kepada masyarakata desa, maupun anak-anak sekolah di desa untuk selalu meningkatkan pola hidup bersih dan rajin mencuci tangan.

Salah seorang petugas medis Puskesdes Aransina, Marselina Dina Hadjon, saat dikonfirmasi Senin (23/3) mengakui kegiatan sosialisasi ini dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat desa terkait pentingnya hidup bersih agar dapat terhindar dari bahaya virus tersebut.

"Benar, di puskesdes ini memang saya dan petugas medis lainnya tidak lupa memberikan imbauan kepada warga di sini untuk meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan. Termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun agar bersih dan terhindar dari bahaya korona. Beberapa waktu lalu juga kami memberikan sosialisasi kepada sejumlah anak SD di wilayah desa ini, untuk menngenali secara dini apa itu virus korona, dan bagaimana mencegah penyebaran virus tersebut dengan mengajarkan secara langsung kepada anak sekolah bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar," ungkap Marselina.

Petugas medis lainnya, Fransiska Nogo, mengakui mininmya pemahaman warga desa terkait virus tersebut, membuat ia bersama rekan media lainnya terus meberikan imbauan warga maupun pasien untuk serius menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

"Dalam setiap kesempatan kami memang sering mengimbau warga agar selau mencuci tangan, tidak bersentuhan fisik, memakai masker, menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri. Banyak makan buah dan sayur dan banyak minum air untuk meningkatkan daya tahan tubuh,' kata Fransiska.

baca juga: Cegah Covid-19, Korem 022/Pantai Timur Sterilisasi Personelnya

Sementara itu, Pemkab Flotim telah mengeluarkan imbauan untuk meliburkan sekolah sementara waktu. Selain itu, Perayaan tradisi Samana Santa pada Jumat Agung yang menjadi tradisi Flotim yang sudah mendunia ini, terpaksa ditiadakan, setelah Keuskupan Larantuka akhirnya mengeluarkan surat pembatalan Perayaan Samana Santa pada Tri hari Suci nanti. Dalam surat tersebut, keuskupan Larantuka juga mengimbau kepada seluruh umat untuk berdoa dan beribadah di rumah saja, demi menghindari penyebaran virus korona agar tidak meluas. (OL-3)

Baca Juga

Antara

Polda Papua akan Bertindak Tegas Selama Tanggap Darurat Covid

👤Ant 🕔Jumat 10 April 2020, 03:18 WIB
Peningkatan status menjadi tanggap darurat  akan berlangsung hingga 6 Mei akibat terus meningkatnya jumlah warga yang positif covid-19...
Antara

Ini Jadwal Rute Kereta yang Terimbas PSBB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 10 April 2020, 01:28 WIB
Selama periode 10- 23 April 2020 hanya terdapat 7 KA Jarak Jauh yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan pengurangan waktu...
Antaranews.com

Aparat Keamanan Papua Tindak Tegas Sepanjang Tanggap Darurat

👤Antara 🕔Jumat 10 April 2020, 00:44 WIB
Peningkatan status menjadi tanggap darurat  akan berlangsung hingga 6 Mei mendatang akibat terus meningkatnya jumlah warga yang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya