Senin 23 Maret 2020, 13:35 WIB

Kapolda Riau Siap Tindak Tegas Kerumunan Orang

Rudi Kurniawansyah | Nusantara
Kapolda Riau Siap Tindak Tegas Kerumunan Orang

Antara
Polda Riau akan bertindak tegas adanya kerumunan orang selama wabah korona.

 

KAPOLDA Riau, Irjen Agung Setya akan mengambil sikap tegas terhadap masyarakat yang masih membandel, abai dan mengindahkan imbauan untuk menghindari kerumunan atau keramaian. Kapolda menegaskan pihaknya siap bertindak tegas dengan diskresi untuk mengamankan orang yang terduga suspect covid-19 demi upaya pencegahan penyebaran virus menular tersebut.

"Langkah diskresi polisi akan melaksanakan. Meminta seseorang dan akan memeriksa lebih mendalam," tegas Kapolda Riau Inspektur Jenderal (Irjen) Agung Setya Imam Effendi di Pekanbaru, Senin (23/3).

Kapolda menjelaskan, dari hasil kegiatan patroli sejauh ini imbauan menjauhi keramaian, berdiam diri di rumah, dan menutup pusat tempat hiburan telah dijalankan dengan baik. Dengan kesadaran itu, langkah kontrol sosial secara bersama itu tentu akan lebih baik lagi.

"Dari tempat hiburan tadi malam kita cek sudah ditutup pengelola. Tim terus memberi imbauan. Drone-drone yang mempunyai sensor suhu tubuh dan speaker juga dikerahkan memberi imbauan kepada masyarakat," ungkapnya.

Dia menambahkan, Polda Riau mengerahkan sebanyak 1.200 personel dalam operasi penanganan Covid-19 bersandi aman nusa II muara takus 2020. Pasukan itu bertugas untuk membantu satuan gugus tugas Covid-19 di Provinsi Riau.

"Ada tiga tahapan yang akan kita lakukan dalam operasi yang berlangsung hingga 17 April ini. Yaitu pecegahan penyebaran virus korona, penanganan, dan terakhir rehabilitasi," jelas Kapolda.

Agung mengungkapkan, operasi aman nusa II merupakan operasi terpusat secara nasional sesuai dengan maklumat Kapolri untuk membantu penanganan wabah Covid-19. Operasi bersama Mabes Polri itu akan berupaya melakukan pencegahan meski dengan diskresi tindakan tegas.

"Kita berkontribusi memutus penyebaran Covid-19. Target kita bisa menangani dengan baik suspect atau ODP (orang dalam pemantauan) ditangani dengan baik. Pada tahap rehabilitasi, tugas kita untuk melakukan pemeliharaan keamanan," jelas Kapolda.

Sementara Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Riau Indra Yovi mengatakan hingga kini jumlah pasien positif korona di Riau masih 1 orang. Sedangkan jumlah suspect yang menjalani isolasi pada sejumlah rumah sakit rujukan seluruh Riau sebanyak 36 kasus, PDP (pasien dalam pemantauan) dengan jumlah terbanyak di Kota Pekanbaru.

"Positif masih 1 orang. Hingga kini kondisinya baik, tidak ada demam. Apabila hasil uji swab baik 2 kali berturut-turun negatif korona maka bisa dipulangkan ke rumah," jelas Yovi.

Yovi mengimbau masyarakat untuk disiplin melaksanakan social distancing. Dia meminta masyarakat untuk mematuhi bekerja di rumah.

"Social distancing itu penting sekali agar dipatuhi. Biar kami petugas kesehatan yang bertugas di rumah sakit," jelas Yovi yang juga dokter ahli paru RSUD Arifin Achmad.

baca juga: Sweeping Penumpang Untuk Tekan Penyebaran Covid-19

Menurutnya pertanda masyarakat patuh yakni apabila parkir mal sudah sepi.

"Apabila parkir mal penuh berarti tidak jalan social distancing itu. Kami juga minta tak perlu keluar kota. Apalagi ke luar negeri. Pesan kami mari sama-sama kita berdoa dan patuhi imbauan pemerintah," ungkapnya. (OL-3)

RK)

Baca Juga

Antara

Tambahan 7500 APD dan 37.500 Masker untuk Bali

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 03 April 2020, 23:50 WIB
Pemprov Bali mendapatkan tambahan 7500 Alat Pelindung Diri (APD) dan 37.500 buah masker dari Pemerintah Pusat untuk mendukung pencehan dan...
MI/Susanto

Gedung Karantina Babel punya Tim Medis Khusus Covid-19

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 03 April 2020, 23:15 WIB
Pemprov kepulauan Bangka Belitung menyiapkan tim dokter dan perawat untuk menangani ODP dan PDP yang dirawat di gedung...
MI/Widjajadi

Pasien Meninggal karena Covid-19 Bertambah Satu Orang

👤Widjajadi 🕔Jumat 03 April 2020, 22:35 WIB
Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (PPC) Kota Solo menginformasikan satu pasien covid-19 meninggal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya