Senin 23 Maret 2020, 12:14 WIB

Anies Sebut Jakarta Butuh 1.000 APD per Hari

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Sebut Jakarta Butuh 1.000 APD per Hari

ANTARA/HO/Humas Pemprov DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) menyimak penjelasan Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti (kedua dari kiri) soal penggunaan APD.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut di wilayahnya, setiap hari, petugas medis membutuhkan seribu unit alat pelindung diri (APD) untuk menangani berbagai pasien yang terindikasi virus korona atau Covid-19.

Ia pun sangat mengapresiasi bantuan APD berupa 40 ribu unit disposable 'protective cover all' dari Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Munardo. Bantuan itu tiba di Balai Kota, Senin (23/3) pagi dan langsung disalurkan pada RS dan puskesmas yang membutuhkan.

"Ini adalah baju cover all. Sebanyak 40 ribu unit. Kami berterima kasih kepada BNPB," kata Anies di Balai Kota, Senin (23/3).

Baca juga: Anies Salurkan Bantuan APD ke Faskes dan Labkesda

Anies pun menyebut setiap hari petugas medis dalam menangani pasien terindikasi Covid-19 setidaknya membutuhkan seribu unit APD. Jumlah itu bisa jadi terus bertambah dengan terus bertambahnya pasien Covid-19.

"Kita setiap hari membutuhkan seribu. Itu kemarin. Bisa jadi nanti karena ada perkembangan jumlah yang dibutuhkan lebih besar," tukasnya.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyebut APD yang diberikan berupa satu set baju pelindung beserta pelindung untuk kaki saat menggunakan sepatu.

Ia juga sudah menyiapkan SOP untuk penggunaan sekaligus pemusnahan APD yang telah digunakan.

"Kami sudah siapkan SOP baik untuk memakai dan melepaskannya. Itu harus urut. Karena kalau tidak akan membahayakan petugas penggunanya. Pemusnahan limbahnya juga sudah ada. Ini sekali pakai," terangnya dalam kesempatan yang sama. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Pemkab Bogor Terus Lakukan Upaya Atasi Masalah Banjir

👤Dede Susianti 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 21:02 WIB
BBWS dan Kementerian PUPR diharapkan segera menyelesaikan persoalan Kali Cikeas dan Cileungsi, karena keduanya berada di Kabupaten Bogor,...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Kepulan Asap Masjid Istiqlal Akibat Kabel Listrik Terbakar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 20:45 WIB
Kepulan asap sempat keluar di depan Masjid Istiqlal akibat adanya kabel listrik yang ditanam di bawah tanah terbakar pada Minggu (25/10)...
ANTARA

Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Libur Panjang

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 16:29 WIB
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menyiapkan rekayasa lalu lintas mengantisipasi kepadatan kendaraan selama puncak arus mudik libur...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya