Senin 23 Maret 2020, 11:28 WIB

Anies Salurkan Bantuan APD ke Faskes dan Labkesda

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Anies Salurkan Bantuan APD ke Faskes dan Labkesda

Dok Diskominfotik DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua dari kanan) saat menyalurkan APD bagi petugas medis di ibu kota.

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyalurkan bantuan alat pelindung diri (APD) bagi petugas medis kepada fasilitas kesehatan yang menangani pasien-pasien terpapar virus korona atau Covid-19.

Bantuan sebanyak 40 ribu APB berupa baju 'disposable protective cover all' ini berasal dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diketuai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penyaluran dilakukan secara simbolis di Balai Kota dan dihadiri Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti dan perwakilan RSPAD Gatot Subroto serta RSUD Tarakan sebagai RS rujukan untuk pasien Covid-19.

Baca juga: Gerindra Minta Anies Segera Cairkan Dana BTT untuk Pasien Korona

"Hari ini, kita mendapat 40 ribu buat baju 'cover all'. Ini bukan APD sepenuhnya karena kalau APD ada sarung tangan, masker, dan kacamata. Kemarin sore, Pak Doni (Kepala BNPB, Donni Munardo) komunikasi dengan kami. Alhamdulillah dengan kelengkapan ini bisa membantu petugas kita yang berada di garda terdepan," kata Anies di Balai Kota, Senin (23/3).

APD ini akan disalurkan ke seluruh fasilitas kesehatan yang menangani pasien Covid-19 seperti delapan RS rujukan, RSUD, dan puskesmas yang melayani pasien pemantauan serta pengawasan dan petugas medis yang bekerja di kanal ambulans gawat darurat (AGD).

Petugas medis AGD juga penting menerima APD ini karena kerap menjemput atau mengevakuasi pasien yang terjangkit atau terindikasi terjangkit Covid-19.

"Petugas AGD juga wajib menggunakan karena mereka ini yang menjemput pasien untuk diantar ke RS. Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) juga harus menggunakan ini agar tidak terpapar," ujar Anies.

Sebelumnya, BNPB mendistribusikan 100 ribu unit bantuan APD ke seluruh daerah yang sudah memiliki kasus pasien Covid-19 maupun baru pemantauan atau pengawasan. DKI Jakarta mendapat jumlah terbesar karena jumlah kasus Covid-19 di DKI adalah tertinggi dengan 307 kasus dengan 29 orang di antaranya meninggal dunia. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/SISWOWIDODO

Info Pembatalan KA dari dan ke Jakarta Selama PSBB Hoaks

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 09 April 2020, 14:50 WIB
PT KAI membantah informasi yang viral di media sosial yang menyebut seluruh perjalanan kereta api (KA) dari dan menuju Jakarta batal selama...
Antara

Ditetapkan Tersangka, Vanessa Angel jadi Tahanan Kota

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 09 April 2020, 14:42 WIB
Penetapan tersebut diambil setelah penyidik Satres Narkoba Polres Metro Jaya memeriksa Vanessa, suaminya Febry Ardiansyah, asisten, serta...
Antara/Muhammad Iqbal

Penerapan PSBB, Ketua DPRD: Warga Patuh, Jangan Semaunya!

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 09 April 2020, 14:34 WIB
Warga diminta mematuhi aturan selama PSBB, agar upaya melawan covid-19...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya