Senin 23 Maret 2020, 10:54 WIB

WHO Usulkan Ubah Frasa Social Distancing Jadi Physical Distanding

Antara | Humaniora
WHO Usulkan Ubah Frasa Social Distancing Jadi Physical Distanding

MI/Susanto
Pengguna MRT duduk dengan jarak tertentu yang sudah diatur dengan ditandai stiker saat melintasi kawasan Fatmawati, Jakarta.

 

ORGANISASI Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menganjurkan dan mendorong penggunaan frasa physical distancing yang berarti "menjaga jarak fisik" daripada penggunaan frasa social distancing (menjaga jarak sosial).

WHO mengubah frasa untuk merekomendasikan "jarak fisik" daripada "jarak sosial" untuk mendorong masyarakat agar tetap terhubung melalui media sosial.

Menurut WHO, gagasan pengubahan itu adalah untuk menjernihkan pemahaman bahwa perintah untuk tetap di rumah selama wabah virus korona (Covid-19) saat ini bukan tentang memutuskan kontak dengan teman dan keluarga, tetapi menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit itu tidak menyebar.

Baca juga: Social Distancing di KRL: Longgar di Peron, Padat di Kereta

Untuk itu, WHO menjelaskan langkah menjaga jarak fisik dan mengarantina diri bila sakit memang baik untuk menahan penyebaran Covid-19, namun bukan berarti membuat orang-orang menjadi terisolasi secara sosial.

Masyarakat tetap perlu melakukan interaksi sosial, terutama dengan memanfaatkan teknologi informasi dan menggunakan media sosial. (OL-1)

Baca Juga

Dok.SOHO

BNPB Apresiasi para Pendonor untuk Tim Medis Covid-19

👤Achmad Maulana 🕔Rabu 01 April 2020, 21:41 WIB
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Doni Monardo meminta seluruh lapisan masyarakat bersatu padu mendukung seluruh kebijakan...
Antara/Sigid Kurniawan

Kemenkes Masih Susun Permenkes untuk Aturan PSBB

👤Atalya Puspa 🕔Rabu 01 April 2020, 21:32 WIB
"Permenkes sedang kita buat dari tadi siang," kata Achmad...
Istimewa/BPJS Kesehatan

CHIKA dan VIKA Beri Warna Baru Dalam Pelayanan BPJS KesehatanĀ 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 April 2020, 21:04 WIB
Hadirnya layanan dalam fitur CHIKA dan VIKA diharapkan mampu membantu peserta JKN-KIS memenuhi kebutuhannya dalam kepesertaan Program...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya