Senin 23 Maret 2020, 06:50 WIB

Pemerintah Tambah Jumlah Alat Tes Covid-19

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Pemerintah Tambah Jumlah Alat Tes Covid-19

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Juru bicara pemerintah, Achmad Yurianto .

 

PEMERINTAH mendatangkan tambahan 150 ribu alat tes dari Tiongkok untuk pemeriksaan cepat deteksi virus korona (covid-19). Alat itu mengetes kelompok berisiko tertular atas dasar kasus positif.

“Pemeriksaan cepat akan masif kita lakukan. Target kita 1 juta test kit disediakan,” kata juru bi­cara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Jakarta, kemarin.

Alat tes tersebut diangkut da­­ri Shanghai dengan pesawat Hercules TNI dan sudah berada di Natuna, Riau. Pesawat dijadwalkan tiba di Bandara Halim Per­­danakusuma, Jakarta, pada hari ini.

Pesawat berkapasitas 9 ton itu juga membawa obat-obatan, termasuk masker dan alat pelindung diri. Obat-obatan yang diangkut da­­ri Tiongkok itu akan diserahkan kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo selaku Ke­­tua Gugus Tugas Percepatan Pe­­nanganan Covid-19.

Sebelumnya pemeriksaan cepat telah berlangsung di beberapa kecamatan di Jakarta Selatan, Jumat (20/3). Subjek pemeriksa­an ialah kelompok berisiko, yak­ni orang-orang yang pernah kontak dekat dengan pasien yang positif covid-19.

Menurut Yurianto, orang yang mengikuti tes cepat tetap harus melakukan pembatasan aktivitas meski hasilnya ditemukan negatif karena bisa saja sudah terinfeksi. “Hasil negatif tidak memberikan garansi tidak terinfeksi. Tes akan diulang tujuh hari kemudian,” imbuh Yurianto.
Sementara itu, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan barang yang paling dibutuhkan saat ini ialah alat pelindung diri dan perangkat uji laboratorium seperti reagen serta ventilator untuk membantu pernapasan ba­­gi pasien.

Wiku menjelaskan laboratori­um di berbagai daerah sebenarnya bisa melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus covid-19. Namun, hal itu membutuhkan reagen reverse transcription polymerase chain reaction (RT-PCR).

Pemerintah kemarin juga meng­umumkan penambahan 64 kasus baru sehingga totalnya kini mencapai 514 orang. Sementara itu, penderita covid-19 yang meninggal terdapat penambahan 10 orang sehingga total korban meninggal mencapai 48 orang.

Penambahan juga terjadi pada pasien yang sembuh sebanyak 9 orang sehingga total yang sembuh menjadi 29 orang.

Yurianto mengatakan seluruh data kasus positif terbaru sudah diberikan ke dinas kesehatan di daerah untuk mereka melakukan pelacakan kontak terdekat demi mengantisipasi kemungkinan penularan.

Realokasi anggaran

Presiden Joko Widodo telah me­nandatangani Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocussing Kegiatan, Re­a­lokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Kementerian/lembaga (K/L) dan pemda diminta untuk menguta­ma­kan alokasi anggaran yang ada untuk mempercepat pena­ngan­an covid-19 sesuai dengan protokol penanganan.

Inpres itu juga mengatur agar K/L mempercepat pelaksanaan pengadaan barang dan jasa untuk penanggulangan covid-19 dengan memperluas dan memper­mu­dah akses sesuai dengan UU Penanggulangan Bencana dan aturan turunannya.

Di sisi lain, Wisma Atlet di Ke­ma­yoran akan mulai berfungsi sejak hari ini untuk merawat pa­­sien covid-19. Salah satu gedung Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, juga akan menjadi ruang isolasi. Tambahan fasilitas karantina lainnya ialah di Pulau Galang, Batam, serta sejumlah rumah sakit milik TNI dan Polri. (Ifa/Iam/Ind/Van/Ins/X-11)

Baca Juga

DOK: KPI

Digitalisasi Penyiaran Tunaikan Informasi dan Pendidikan

👤S1-25 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 04:28 WIB
KPI menyambut baik rencana analog switch off (ASO) pada 2022, sebagai sebuah transformasi teknologi siaran yang akan memberi banyak manfaat...
AFP

Miley Cyrus Mengaku Pernah Melihat UFO

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 03:15 WIB
MUSIKUS asal Amerika Serikat, Miley Cyrus, barubaru ini membagikan pengalamannya yang tak...
Instagram @TIARAANDINI

Tiara Andini Masuk Nominasi Peraih AMI Awards

👤MI 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 02:50 WIB
SATU hal yang tak disangka-sangka oleh Tiara Andini, 19, masuk sebagai salah satu nomine di AMI Awards...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya