Senin 23 Maret 2020, 04:30 WIB

Pemerintah Daerah Bubarkan Kerumunan

Liliek Dharmawan | Nusantara
Pemerintah Daerah Bubarkan Kerumunan

MI/Liliek Dharmawan
Bupati Banyumas Achmad Husein.

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), menggerakkan tim khusus untuk membubarkan kerumunan massa guna mengantisipasi penularan penyakit virus korona atau covid-19.

Tim yang terdiri atas unsur Satpol PP dan Linmas itu juga bertugas mengingatkan warga yang masuk daftar orang dalam pemantauan (ODP).

Selain langkah antispasi tersebut, Pemkab Banyumas telah mengisolasi sejumlah warga yang pernah kontak dengan pasien positif covid-19. Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan pihaknya mulai melaksanakan pengetatan pengawasan karena di wilayah Banyumas sudah ada dua orang yang positif terkena covid-19.

“Pasien yang positif salah satunya masih dirawat di RSUD Margono Soekarjo. Setelah ketahuan positif, tim menyusuri siapa saja yang sempat kontak dengan pasien itu, terutama keluarganya di Kelurahan Purwokerto Lor, Kecamatan Purwokerto Timur. Selain itu, sejak pagi tadi, tim juga mengisolasi lima warga di Desa Karangnangka, Kecamat­an Kedungbanteng, karena baru diketahui bahwa jenazah anggota keluarga mereka yang dikuburkan beberapa hari lalu positif covid-19,” kata Bupati, kemarin.

Di tempat terpisah, Pemerintah Kota Madya Malang, Jawa Timur, secara terus-menerus mengingatkan warga mereka agar tidak kongko-kongko secara berkelompok di kafe atau tempat publik lainnya guna mencegah penularan covid-19. Imbauan tersebut disertai dengan tindakan tegas, yakni pembubaran terhadap warga yang berkelompok.

“Saya ingin sampaikan pesan kepada publik, khususnya para pelaku usaha yang masih beraktivitas dengan mobilitas orang yang banyak hadir di sebuah tempat, mari kita bangun kesadaran bersama karena nasib kita ada pada kesadaran dan tanggung jawab kita,” tegas Wali Kota Malang Sutiaji, kemarin.

Meski ada larangan berkumpul guna menangkal penyebaran covid-19, Wakil Bupati Manggarai Barat Maria Geong yang akan maju dalam pilkada tahun ini justru menggelar pertemuan yang melibatkan banyak orang di Rumah Gendang Kampung Kois, Desa Munting. (LD/BN/JL/N-3)

Baca Juga

AFP/Romeo GACAD

PUPR Klaim Tata Kawasan Pulau Rinca untuk Lindungi Habitat Komodo

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:21 WIB
Saat ini, penataan Pulau Rinca tengah memasuki tahap pembongkaran bangunan eksisting dan pembuangan puing, pembersihan pile cap, dan...
MI/Denny Susanto

Ragam Hasil Hutan Penopang Hidup Masyarakat Kaki Meratus

👤Denny Susanto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:20 WIB
Masyarakat Dayak di Kaki Pegunungan Meratus mengembangkan budidaya pangan seperti madu, kopi dan tanaman sengon dalam program perhutanan...
MI/Denny Susanto

Paslon SHM-MAR Dapat Dukungan Ulama

👤Denny Susanto 🕔Senin 26 Oktober 2020, 08:05 WIB
Habib Abdurahman Baasyim atau dikenal dengan sapaan Habib Banua menyatakan dukungan kepada paslon  Syafruddin-Alpiya (SHM-MAR) di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya