Minggu 22 Maret 2020, 19:40 WIB

Orang Terinfeksi Virus Covid-19 Bisa Tidak Menunjukkan Gejala

 Indriyani Astuti | Humaniora
Orang Terinfeksi Virus Covid-19 Bisa Tidak Menunjukkan Gejala

Antara/Dhemas Reviyanto
uru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (22/3)

 

MASYARAKAT diminta mewaspadai penyebaran virus korona (covid-19) sebab orang yang telah terinfeksi bisa tidak menunjukkan gejala sakit. Hal itu dikatakan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto saat memberikan pemahaman bahwa ada orang-orang yang terinfeksi virus korona penyebab Covid-19 tapi tidak memperlihatkan kondisi sakit secara kasat mata.

"Karena kita sadari bahwa tidak seluruh orang yang di dalam tubuhnya ada virus Covid-19 memberikan gambaran sakit," kata Yurianto dalam jumpa pers yang diadakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kantor Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Minggu (22/3).

Yurianto menuturkan dari kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Indonesia saat ini, sering didapati pasien dengan keadaan sakit ringan sehingga merasa tidak sakit atau bahkan tanpa gejala sama sekali.

Dengan tidak menunjukkan gejala sakit, seseorang bisa berpikir kalau dia tidak terinfeksi virus Covid-19, akibatnya dia akan menularkan kepada orang lain jika tidak menjaga jarak aman.

Untuk itu, ia mengatakan harus dilakukan upaya antisipasi bersama dengan mengikuti pengendalian penularan covid-19 dengan menjaga jarak aman antarorang, menjaga kesehatan dan kebersihan, mengisolasi diri jika merasa sakit dan segera memeriksakan diri ke dokter sehingga secara bersama-sama bisa mengurangi aspek kemungkinan penularan antar orang.

"Jika tidak menjaga jarak, maka penularan Covid-19 sangat rentan terjadi antarorang karena percikan cairan dari pernapasan, bisa sampai kepada orang lain saat melakukan kontak dekat atau berkumpul," terangnya.

Hingga kini jumlah total kasus positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 514 atau bertambah 64 dibandingkan hari kemarin. Jumlah pasien Covid-19 yang meninggal bertambah 10 orang sehingga totalnya menjadi 48 jiwa. Sementara, jumlah pasien yang berhasil sembuh dari penyakit COVID-19 mencapai 29 orang atau bertambah sembilan jika dibandingkan dengan Sabtu (21/3). (OL-13)

Baca Juga: Desakan Penundaan Olimpiade Tokyo Kian Kencang
Baca Juga: Cegah Penularan Covid-19, Opsi Penundaan SBMPTN Dikaji

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

Kawan Vaksin Dideklarasikan di Hari Sumpah Pemuda

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 07:15 WIB
Gerakan itu akan menjadi wadah para relawan untuk mengawal vaksinasi di...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Menag Ajak Milenial Jaga Persatuan Bangsa

👤Siswantini Suryandari 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 06:18 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi mengajak kaum milenial untuk membangun negeri dan menjaga persatuan bangsa sejalan dengan cita-cita Sumpah...
INSTAGRAM @PUTRI_TANJUNG

Putri Tanjung: Mematahkan Stigma

👤Bagus Pradana 🕔Rabu 28 Oktober 2020, 04:40 WIB
Perundungan yang dialami mendorong Putri untuk membuktikan kemampuan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya