Minggu 22 Maret 2020, 19:15 WIB

Pemprov Jatim Tambah Rumah Sakit Layani Pasien Covid-19

Faishol Taselan | Nusantara
Pemprov Jatim Tambah Rumah Sakit Layani Pasien Covid-19

MI/Heri Susetyo
Gubernur Jawa Timur Khofifah tengah mengecek

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur menambah rumah sakit yang bisa melayani pasien virus korona (covid-19). Kini terdapat 62 rumah sakit di Jawa Timur yang bisa dijadikan rujukan ketika memiliki gejala atau indikasi penyakit akibat covid-19.
      
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, mengatakan sesuai instruksi pemerintah pusat, kini rumah sakit milik TNI, Polri, BUMN dan juga rumah sakit swasta yang memiliki ruang isolasi turut menjadi rumah sakit rujukan untuk Covid-19.
      
"Kita tadi sudah rapat bersama dengan pimpinan rumah sakit yang punya ruang isolasi baik RSUD, rumah sakit milik swasta, milik TNI,  Polri maupun BUMN. Mereka ini yang akan memberikan layanan medik untuk pasien baik ODP, PDP maupun yang terkonfirmasi positif covid-19," ujar Khofifah, Minggu (22/3).

Pihaknya akan melakukan checking kebutuhan mereka sesuai dengan bed yang ada di ruang isolasi masing-masing rumah sakit seuai dengan standar yang dibutuhkan. Dengan demikian masing-masing rumah sakit diharapkan bisa lebih mudah untuk dikordinasikan terkait data pasien serta kapasitas bed masing- masing rumah sakit juga alat pelindung diri (ADP).
      
"Kemarin saya juga sudah mengunjungi dua pabrik penghasil masker,  hand sanitizer dan juga alat perlindangan diri (APD) supaya memberikan kuota untuk pemenuhan kebutuhan Jawa Timur. Sehingga apa yang dibutuhkan 
oleh tenaga medis dan paramedis di Jawa Timur bisa tercukupi," kata Khofifah.

Selain itu, juga turut memberikan update perkembangan penyebaran  Covid-19 di Jawa Timur. Per hari ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Jawa Timur menjadi sembilan kasus. Tujuh kasus ada di Surabaya dan dua lainnya di Malang Raya.

"Sedangkan untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Jatim per hari  ini ada sebanyak 91 orang. Dan untuk jumlah pasien dalam pengawasan  (PDP) di Jatim per hari ini ada sebanyak 36 orang," ujarnya. (OL-13)
 

Baca Juga: Pasien Positif Covid-19 Kota Bogor Jadi 7 dan 1 Meninggal 
Baca Juga: Kajari Bantul Positif Covid-19, Bupati Bantul Jadi ODP
​​​​​​​

Baca Juga

Antara

Pesantren Kiblat Solusi Pendidikan Nasional Masa Covid-19

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:48 WIB
"Pesantren bisa menjadi solusi dan memberikan jalan keluar di tengah keterbatasan yang dimiliki," tegas Panglima Santri Muhaimin...
Ilustrasi

Gubernur Sumut Minta Usut Preman yang Serang Satgas Covid-19

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 23 Oktober 2020, 00:36 WIB
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi minta kepolisian untuk menindak para preman yang menyerang Satgas Covid-19 Mebidang saat menggelar...
ANTARA/Zabur Karuru.

Ada Pasar Burung dan Batu Akik di Bekas Lokalisasi Dolly

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 22 Oktober 2020, 23:20 WIB
Sentra Pasar Burung dan Batu Akik luas 840 meter persegi yang diresmikan pada Rabu (21/10) merupakan usulan dari warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya