Minggu 22 Maret 2020, 17:25 WIB

Gugus Tugas Covid-19 Sebut APD dan Reagen PCR Paling Dibutuhkan

Ihfa Firdausya | Humaniora
Gugus Tugas Covid-19 Sebut APD dan Reagen PCR Paling Dibutuhkan

Antara
Simulasi penanganan pasien korona di Rumah Sakit Lavalette Malang oleh ptugas medis yang memakai APD lengkap

 

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan covid-19 Prof drh Wiku Adisasmito M.Sc, Ph.D mengatakan alat pelindung diri (APD) dan perangkat uji laboratorium dua hal yang paling dibutuhkan saat ini. Selain itu, alat kesehatan yang juga dibutuhkan dalam perawatan pasien covid-19 adalah ventilator untuk membantu pernapasan bagi pasien yang mengalami gejala sesak napas.

“Prioritas saat ini adalah APD, perangkat uji laboratorium seperti reagen RT-PCR, viral transfer media (alat untuk mengirim sampel virus), rapid diagnosys test (kit tes cepat), dan nassal swab (alat untuk mengambil spesimen),” ujar Wiku dalam konferensi pers di Kantor Graha BNPB, Jumat (22/2).

Wiku juga menjelaskan bahwa laboratorium yang ada di berbagai daerah di Indonesia sebenarnya bisa melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi virus covid-19. Namun, setiap laboratorium  membutuhkan reagen RT-PCR untuk melakukannya.

"Sebenarnya laboratorium di Indonesia yang memiliki RT-PCR jumlahnya cukup banyak. Bila disediakan reagen yang tepat laboratorium akan mampu melakukan pemeriksaan lebih cepat," jelas Wiku.

Tim Pakar dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang terdiri dari beberapa tim ahli juga telah merumuskan merumuskan sejumlah pedoman pencegahan untuk masyarakat serta penanganan medis di fasilitas kesehatan. Adapun pedoman yang dimaksud adalah:
- mengenai komunikasi informasi serta edukasi masyarakat tanpa tatap muka
- tata kelola rujukan pasien dan calon pasien
- tata kelola rapid test di laboratorium
- tata kelola pasien di rumah sakit
- tata kelola karantina dan isolasi
- tata kelola penanganan pasien meninggal.

Di samping itu, Wiku menyebutkan tim pakar juga melakukan pratinjau terhadap berbagai hibah alat kesehatan dan logistik baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk menyeleksinya sebagaimana prioritas yang dibutuhkan.

Baca juga: Dompet Kemanusiaan Media Group Serahkan Bantuan APD

Menindaklanjuti kebutuhan prioritas tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menerbangkan tim khusus untuk mengangkut obat-obatan, peralatan dan logistik sebagai prioritas kebutuhan penanganan covid-19 dari Tiongkok.

Tim dari anggota TNI diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules C130 A-1333 dan telah mendarat di Pudong, Shanghai, Tiongkok pada Sabtu (21/2) pukul 21.15 untuk selanjutnya memuat segala prioritas kebutuhan dan mengirimnya ke Indonesia. Sesuai rencana pesawat akan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta membawa keperluan prioritas pada Senin (23/3) pukul 09.30 WIB.

Dalam keterangan resmi sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan covid-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa obat-obatan, APD, dan peralatan medis yang menjadi prioritas tersebut merupakan jenis yang sama digunakan untuk penanganan covid-19 di Tiongkok dan Korea Selatan yang telah teruji dan terbukti efektif untuk menangani covid-19.

“Obat dan peralatan ini terbukti efektif digunakan untuk mengatasi virus korona di Tiongkok dan Korea Selatan,” pungkas Yuri. (OL-14)

Baca Juga

Dok. MI

Anji Ajari Anak Main Gitar

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 01:50 WIB
MUSISI Erdian Aji Prihartanto atau akrab disapa Anji, 42, mengambil hikmah dari anjuran untuk tinggal di rumah dan work from...
MI/Adam Dwi

Ade Govinda Batal Manggung, Bikin Musik

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 01:15 WIB
GITARIS Govinda Ade Nurulianto, 36, mengaku sedih karena jadwal manggung Govinda banyak yang dibatalkan lantaran pandemi...
Dok. MI

Titi DJ Melek Teknologi selama Karantina

👤MI 🕔Rabu 08 April 2020, 00:50 WIB
IMBAUAN pemerintah untuk di rumah saja demi mencegah penularan virus korona membawa kebaikan bagi musisi Titi DJ,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya