Minggu 22 Maret 2020, 13:03 WIB

Menkes Serukan Masyarakat Bahu-Membahu Atasi Covid-19

mediaindonesia.com | Humaniora
Menkes Serukan Masyarakat Bahu-Membahu Atasi Covid-19

ANTARA
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (tengah) memberikan keterangan pers seusai meninjau RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020).

 

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyerukan seluruh kalangan masyarakat Republik Indonesia untuk siap bahu-membahu dalam mengatasi wabah virus corona atau Covid-19.

"Kita bahu-membahu semua saling bersatu menggalang untuk menyehatkan Indonesia," kata Terawan Agus Putranto dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (22/3).

Menkes mengemukakan hal tersebut saat konferensi pers di Wisma Atlet Kemayoran yang rencananya akan berubah menjadi Rumah Sakit Darurat.

Baca Juga: Pemerintah Tunjuk Wisma Atlet Kemayoran Lokasi Isolasi Covid-19

Terkait dengan RS Darurat Penanganan Covid-19, Menkes juga menyatakan bahwa seluruh tenaga medis baik dari Kementerian Kesehatan maupun unsur lainnya termasuk sukarelawan akan bekerja sama bahu-membahu dan saling mendukung dalam menyiapkan perihal medis di sana.

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa TNI memiliki 109 rumah sakit yang tersebar di seluruh Indonesia dan di setiap lokasi sedang dipersiapkan ruang isolasi yang mampu menampung 10-30 tempat tidur.

"Sehingga masyarakat di seluruh Indonesia apabila positif atau gejala bisa langsung masuk ke rumah sakit TNI tersebut," katanya dan menambahkan. 

Baca Juga: Senin Besok, 2.400 Kamar Wisma Atlet Siap Digunakan

Menteri BUMN juga sudah mampu menginventarisasi RS BUMN yang mampu menampung pasien terpapar.

Sedangkan Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri Komjen Agus Andrianto menuturkan, ada sebanyak 52 rumah sakit yang sudah disiapkan oleh jajaran kepolisian.

Panglima TNI juga mengemukakan bahwa semua rumah sakit yang dapat menangani pasien Covid-19, semuanya di bawah kendali Kepala Gugus Tugas baik pusat maupun daerah.

Sebagaimana diwartakan, pemerintah telah berencana untuk membangun Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet Kemayoran dalam rangka menambah kapasitas pasien Covid-19.

Berdasarkan rencana Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, setidaknya ada empat tower yang akan digunakan yakni 1,3,6 dan 7 di Blok D10 yang berada dekat RS Mitra Kemayoran Jakarta. (Ant/OL-10)

Baca Juga

dok pemprov jatim

Rumah Dinas Gubernur Jatim Jadi Posko Command Center Covid-19

👤Aries Wijaksena 🕔Minggu 05 April 2020, 09:56 WIB
Rumah dinas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berlokasi di sisi timur Gedung Negara Grahadi Jalan Gubernur Suryo...
Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI)/Tim MI

Jenazah tidak Tularkan Virus

👤Ata/Aiw/RF/J-1 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Saat orang meninggal, selnya mati sehingga virus tidak akan berkembang. Sifat virus dalam jenazah sama dengan virus yang ada di tanah,...
MI/ROSMERY C SIHOMBING

Sido Muncul Hadirkan Kebaikan di Tengah Pandemi

👤Ykb/Ten/I-2 🕔Minggu 05 April 2020, 09:05 WIB
Bantuan tersebut untuk membantu upaya melawan pandemi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya