Minggu 22 Maret 2020, 11:15 WIB

Tahapan Pelaksanaan Pilkada 2020 Resmi Ditunda

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Tahapan Pelaksanaan Pilkada 2020 Resmi Ditunda

MI/Pius Erlangga
Gedung KPU

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan surat edaran Nomor. 8/2020 dalam menyikapi pesebaran wabah Korona (Covid-19) tentang Penundaan Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur danWakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau WaliKota dan WakilWaliKota Tahun 2O2O dalam Rangka Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum.

Dalam pernyataan resmi KPU yang dikeluarkan pada Sabtu (21/3) di Jakarta dan ditandatangani oleh Ketua KPU Arif Budiman, KPU RI meminta KPU Provinsi dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota agar segera mengambil langkah-langkah untuk menunda pelantikan panitia pemungutan suara (PPS), menunda pelaksanaan pelantikan PPS.

"Dalam hal KPU Kabupaten/Kota telah siap melaksanakan pelantikan PPS dan berdasarkan koordinasi dengan pihak berwenang dinyatakan bahwa daerah tersebut belum terdampak penyebaran Covid-19, maka pelantikan PPS dapat dilanjutkan," demikian bunyi pernyataan KPU yang dikutip dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/3).

Baca Juga: Ditemukan 793 Kasus Baru Korona di Italia Dalam Sehari 

Dalam surat tersebut juga disebutkan bahwa masa kerja PPS yang telah dilantik akan diatur kemudian serta menunda pelaksanaan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan yang belum dilaksanakan, menunda pembentukan petugas pemutakhiran daftar pemilih, dan menunda pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

"KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota menindaklanjuti Keputusan menerbitkan keputusan penetapan penundaan, setelah didahului koordinasi dengan Bawaslu setempat dan pihak-pihak terkait." (OL-13)

Baca Juga: IOC Sebar Kuesioner Untuk Negara Anggota Soal Dampak Korona 

Baca Juga

Antara/Rivan Awal lingga

Kapolri ke Lulusan Akpol : Ucapkan Tolong, Maaf, dan Terima Kasih

👤Tri Subarkah 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:07 WIB
Mantan Kabareskrim tersebut memaparkan agar dapat dihargai, para perwira muda tersebut harus sering mengucapkan kata tolong, maaf, dan...
MI/Sumaryanto Bronto

Ketua Ombudsman RI Lolos Uji Kualitas Seleksi Calon Anggota KY

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 06 Juli 2020, 22:50 WIB
"Dari 107 orang peserta seleksi kualitas online pemilihan calon anggota Komisi Yudisial, yang dinyatakan lulus sebanyak 55...
MI/Susanto

Kuasa Hukum Janji Bisa Hadirkan Ki Gendeng Pamungkas di Sidang MK

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 06 Juli 2020, 21:41 WIB
Menurutnya, Ki Gendeng Pamungkas yang merupakan kliennya berbeda dengan Iman...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya