Sabtu 21 Maret 2020, 17:00 WIB

Cegah Covid-19, PMI Babel Semprotkan Disinfektan di Rupbasan

Ghani Nurcahyadi | Nusantara
Cegah Covid-19, PMI Babel Semprotkan Disinfektan di Rupbasan

Dok. Rupbasan Pangkalpinang
Penyemprotam disinfektan di Rupbasan Pangkalpinang oleh PMI

 

PALANG Merah Indonesia (PMI) menyambangi Rupbasan (Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara) Kelas II Pangkalpinang untuk menyemprotkan disinfektan di ruang pelayanan dan ruang pegawai pada Sabtu (21/3) siang. 

Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19) di lingkungan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) Wilayah Bangka Belitung.

Kegiatan ini dipantau langsung Ketua PMI Bangka Belitung Abdul Fatah dan Kepala Rupbasan Andri Ferly. Sebelumnya, Abdul Fatah turut hadir menyaksikan relawan PMI 'bersih-bersih' di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Tuatunu Kota Pangkal Pinang.

"Kami hadir ke Rupbasan ini juga untuk memberikan support (dukungan) terhadap relawan PMI yang tergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Babel, agar tetap bersemangat dalam memberikan pelayanan kemanusiaannya, terutama dalam upacaya mencegah penyebaran Virus Covid-19. Dan tak kalah penting, sekaligus ajang silaturahmi dengan warga Rupbasan," ujar Abdul Fatah yang juga Wakil Gubernur Babel itu dalam keterangan tertulis.

Seperti diketahui, Rupbasan menyimpan barang bukti atau rampasan negara yang dititipkan oleh sejumlah instansi penegak hukum. 

Dalam kegiatan penyemprotan ini, PMI sengaja melewatkan gudang penyimpanan karena telah dilindungi oleh zat kimia lain dan dikhawatirkan menimbulkan reaksi kimia yang tidak diinginkan.

Baca juga : Mulai Senin, ASN dan PHL Babel Masuk Kerja Bergilir

Di lingkungan Rupbasan pun sudah diimbau untuk memakai masker dan rajin mencuci tangan, baik bagi pegawai maupun tamu yang berkunjung. Hal itu sebagai upaya menyikapi tanggap darurat Covid-19 di Bangka Belitung.

Abdul Fatah mengatakan, penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya penting dalam mencegah munculnya virus korona. Masyarakat pun bisa mengupayakan penyemprotan disinfektan mandiri dengan bahan yang ada di rumah. 

Caranya, dengan menggunakan cairan pembersih dan dicampur dengan air dengan takaran ideal. Contohnya, yakni 1 liter cairan pembersih dicampurkan dengan 10 liter air. Atau, 1 tutup botol cairan pembersih untuk 5 liter air. Sementara karbol memiliki perbandingan 2 sendok makan per 1 liter air.

"Untuk cairan disinfektan dapat dibuat secara mandiri menggunakan cairan pemutih (bleaching), pembersih lantai ataupun karbol yang dicampurkan dengan air dengan komposisi yang ideal," katanya.

"Lakukan penyemprotan disinfektan di sekitar rumah dan lingkungan kerja, sebagai langkah untuk pencegahan penyebaran Covid-19 secara mandiri, sehingga tempat kita kerja dan tempat berkumpul aman serta terhindar dari bahaya penyebaran Covid-19," pungkas Abdul Fatah.

Di sisi lain, Rupbasan Pangkalpinang akan memberlakukan sistem work from home atau bekerja dari rumah untuk sebagian pegawainya yang dimulai Senin (23/3) sampai waktu yang belum ditentukan.

"Sehingga yang berjaga dalam pelaksanaan tugas harian di Rupbasan adalah Ka. Rupbasan, Kasubsie Minla (Administrasi & Pengelolaan), para petugas keamanan serta staf yang mendapat jadwal piket saja," ujar Karupbasan Pangkalpinang Andri Ferly. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Pemkab Buleleng

Bupati Buleleng Pantau Ketat Revitalisasi Pasar Banyuasri

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:37 WIB
Agus selalu menyempatkan diri meninjau pengerjaan proyek tersebut untuk mengecek progress dari proyek tersebut dan memberikan masukan...
Dok pribadi

Temui Bupati Manggarai Timur, Tim Keuskupan Minta Bupati Cermat

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Senin 06 Juli 2020, 23:21 WIB
"Sejauh mana bupati menjamin kewajiban reklamasi perusahaan tersebut? Apalagi ada pengalaman buruk perusahaam terdahulu yang lari dari...
AFP

Bandel tak Bermasker di Yogyakarta, Denda Rp100 Ribu Menanti

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Senin 06 Juli 2020, 22:43 WIB
Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menjelaskan, penindakan atas sanksi tersebut dilakukan oleh satuan polisi pamong praja (Satpol...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya