Sabtu 21 Maret 2020, 14:16 WIB

HAKLI: Penyemprotan Disinfektan Harus Sesuai Kebutuhan

mediaindonesia.com | Humaniora
HAKLI: Penyemprotan Disinfektan Harus Sesuai Kebutuhan

MI/Adam Dwi
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus korona.

 

KALANGAN ahli menekankan penyemprotan diinsfektan secara mandiri untuk mencegah penyebaran virus korona (Covid-19), dapat dilakukan tergantung tingkat keperluan.

"Tergantung tingkat keperluannya," ujar Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI), Arif Sumantri, dalam konferensi pers di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu (21/3).

Lebih lanjut, Arif mengatakan penyemprotan disinfektan tanpa disertai upaya sanitasi, terutama untuk mencegah penyebaran Covid-19, maka akan berujung sia-sia. Upaya disinfeksi yang berlangsung selama 30-60 menit akan menyisakan residu di permukaan benda tidak lebih kurang dari sehari. "Jadi tidak sampai sehari, setelah itu kita akan (perlu) lakukan disinfeksi lagi," jelasnya.

Baca juga: Jadi RS Darurat Covid-19, Wisma Atlet Disemprot Disinfektan

Apabila tidak berada di daerah yang berpotensi tinggi terjangkit virus korona, masyarakat dikatakannya cukup melakukan pola hidup bersih dan sehat. Namun, ketika berada di daerah rawan penularan Covid-19, penyemprotan disinfektan dapat dilakukan sesuai aturan. Dalam hal ini, agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Sebelum melakukan penyemprotan disinfektan, Arif mengimbau masyarakat melakukan cuci tangan dengan bersih. Setelahnya, masyarakat juga diimbau untuk memakai sarung tangan. Mengingat, cairan disinfektan yang digunakan dapat merusak kulit.

Dia pun menekankan perlunya memakai masker untuk menghindari potensi menghirup kandungan disinfektan, yang juga dapat menimbulkan gangguan kesehatan.(Ant/OL-11)

Baca Juga

Dok The Media Hotel & Tower

PT Savoria Sumbang Minuman Isotonik dan Masker ke The Media Hotel

👤Henri Siagian 🕔Selasa 07 April 2020, 18:16 WIB
Bantuan untuk tenaga medis dan relawan yang ada di hotel bintang lima itu diterima oleh Director The Media Hotel & Tower Rachmadi...
DOK PARTAI GOLKAR

Golkar Kembali Sumbang Alat Pencegahan Covid-19 Untuk Tangsel

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 April 2020, 17:13 WIB
Selain disinfektan, Golkar juga menyumbang 15 galon hand sanitizer untuk...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Kebutuhan Ventilator di Indonesia Baru Terpenuhi Separuh

👤Hilda Julaika 🕔Selasa 07 April 2020, 16:57 WIB
Saat ini jumlah ventilator di ruang ICU rumah sakit pemerintah (BUMN) baru mencapai 50%. Padahal kebutuhan ventilator untuk penanganan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya