Sabtu 21 Maret 2020, 12:55 WIB

Covid-19 Mewabah, Pendaftar Ijin Berusaha Di BKPM Stabil

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Covid-19 Mewabah, Pendaftar Ijin Berusaha Di BKPM Stabil

Istt
Logo BKPM

 

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan animo investor untuk berinvestasi tidak menurun meskipun saat ini sedang mewabah virus covid-19.

 

“Kita cek tadi di dashboard command center BKPM, ternyata animo investor tidak menurun,” kata Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM, Rizal Calvary Marimbo, melalui keterangan resminya, Sabtu (21/3).

 

Hingga kemarin (20/3) pukul 12.00 WIB, sebanyak 1.078 Nomor Induk Berusaha (NIB) dengan jumlah izin usaha sebanyak 3.314 yang diterbitkan oleh BKPM. Bila dirata-ratakan maka dalam sehari terbit seribu NIB.

Kepala BKPM Keluhkan Gubernur Merasa Presiden

"Tak hanya itu, investor juga mencari NIB ke BKPM bahkan pada hari libur baik Sabtu dan Minggu. Rata-rata di atas 100 NIB saat libur,” ucap Rizal.

 

Rizal mengatakan bahwa sesuai Instruksi Presiden No.7 Tahun 2019, setelah memperoleh NIB investor tidak lagi mengurus sendiri izin-izin di Kementerian dan Lembaga. Sebab, perizinan sektoral lainnya sudah berada dibawah tanggung jawab BKPM.

 

“Saat ini sebanyak 22 Kementerian dan Lembaga sudah berkantor di BKPM. Jadi, masuk dan keluarnya sudah di BKPM. Tidak usah lagi investor mondar-mandir sendirian atau keluyuran ke kementerian lainnya. Masuk di BKPM dan keluar juga di BKPM,” ucap Rizal. (E-1)

 

Baca Juga

Antara/Fakhri Hermansyah

PUPR: Stok Infrastruktur Indonesia Jauh dari Standar Global

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 15:43 WIB
Stok infrastruktur Indonesia terhadap PDB berkisar 43% pada 2019. Itu masih jauh dari rata-rata standar global, yakni sebesar...
MI/M Taufan SP Bustan

Kemenperin Ingatkan Pentingnya Kekayaan Intelektual bagi IKM

👤 M Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 15:35 WIB
Ditjen IKMA telah memfasilitasi pendaftaran 4.374 merek, 1.258 hak cipta, 79 desain industri, 17 paten dan 3 indikasi...
MI/Deny Susanto

Perhapi Dorong Pemanfaatan Limbah Tambang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 11 Juli 2020, 15:20 WIB
Perhapi mendorong pemerintah melakukan pengawasan dan pembinaan agar perusahaan pertambangan memanfaatkan sisa hasil...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya