Jumat 20 Maret 2020, 19:25 WIB

Bank BUMN, Ayo Turunkan Bunga Bagi UKM Kita

Hilda Julaika | Ekonomi
Bank BUMN,  Ayo Turunkan Bunga Bagi  UKM Kita

MI/Yose Hendra
Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir

 

Menteri BUMN Erick Thohir membenarkan banyak sektor ekonomi yang terpukul karena gejolak pandemi virus Covid-19. Salah satunya sektor usaha kecil, dan menengah (UKM).

Untuk itu, Kementerian BUMN akan berkoodinasi dengan lembaga terkait untuk segera mengeluarkan kebijakan untuk membantu industri. Salah satunya dengan mendorong bank-bank BUMN untuk turunkan suku bunga UKM.

“Kita juga memastikan agar sektor bisnis bisa tetap berjalan. Kita pastikan bank-bank BUMN turunkan suku bunga UKM agar yang punya pinjaman ke bank-bank BUMN bisa diberi keringanan,” ujar Erick melalui telekonferensi di Jakarta, Jumat (20/3).

Adapun untuk mekanisme suku bunga yang akan digunakan belum ditentukan karena baru dilakukan rapat pagi ini. Nantinya akan ada koordinasi dengan kementerian lain dan Bank Indonesia (BI). Namun, Erick memastikan kebijakan penurunan suku bunga ini akan segera diambil.

Ojol Masuk dalam Paket kebijaakan Lanjutan Pemerintah

“Mekanisme akan dikoordinasikan dengan kementerian dan BI, tapi kebijakan itu akan segera diambil. Termasuk penerbitan obligasi harus ada izin Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Termasuk bantuk relaksasi industri yang terkena. Tapi harus dilihat track recordnya,” ungkapnya.

Selain untuk sektor UKM, Erick pun mengatakan akan memberikan relaksasi untuk sektor terdampak lainnya. Adapun sektor terparah yang terdampak adalah hotel, restoran, pariwisata, dan penerbangan. Karena itu, Kementerian BUMN akan berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk segera meluncurkan kebijakan yang membantu industri yang terdampak tersebut. (E-1)

Baca Juga

Antara/Rosa Panggabean

BI: Global Bond Bisa Perkuat Cadangan Devisa

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 08 April 2020, 15:15 WIB
Hal itu ditegaskan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo. Posisi cadangan devisa per Maret tercatat US$ 121...
Istimewa/Kemenkop UKM

Kemenkop dan UKM Lantik Pejabat Sesuai Protokol Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 14:37 WIB
Menkop dan UKM Teten Masduki mengatakan pelantikan kali ini sebagai upaya konsolidasi internal dalam mengelola Koperasi dan UMKM khususnya...
MI/Pius Erlangga

MUFG dan BRI Suntik Investree Rp380 Miliar

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 08 April 2020, 14:30 WIB
Pendanaan ini akan digunakan untuk mengembangkan layanan Investree dalam rangka mendukung...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya