Jumat 20 Maret 2020, 11:53 WIB

Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Awal April

M Iqbal Al Machmudi | Ekonomi
Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka Awal April

Setkab.go.id
Ilustrasi kartu prakerja

 

PROGRAM Kartu PraKerja akan dibuka pada awal April. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto. Dirinya berharap sebelum mendaftar program kartu prakerja, masyarakat sudah memiliki minat dan bidang untuk dilatih.

"Dua minggu dari sekarang, kami harapkan masyarakat sudah bisa memilih dan juga sudah bisa mempelajari sehingga bisa memutuskan akan ikut pelatihan dimana. Oleh karena itu, dua minggu dari sekarang pendaftaran baru dibuka," kata Airlangga usai launching Program Kartu Prakerja di Gedung Ali Wardhana Kementrian Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (20/3).

Meski sudah di-launching, program kartu prakerja baru bisa dibuka pada 3 April 2020 atau dua minggu dari hari ini. Untuk saat ini akan dilakukan sosialisasi terkait program tersebut.

Baca juga: Jokowi Perintahkan Realokasi APBN untuk Tangani Covid-19

Program Kartu Prakerja memberikan bantuan biaya pelatihan bagi peserta yang sedang mencari pekerjaan ataupun yang tidak sedang mencari pekerjaan. Adapun biaya yang diberikan sebanyak Rp1.650.000.

"Para peserta tetap diberikan 'biaya transportasi' yang besarnya Rp500 ribu dan 3 kali dibayarkan secara bertahap dan pada saat selesai melakukan pelatihan itu diberikan kesempatan mengevaluasi dalam bentuk survei. Begitu survei dikembalikan, mereka akan mendapatkan lagi Rp150 ribu" ungkap Airlangga.

Program Kartu Prakerja menyasar masyarakat yang mencari kerja mulai dari buruh, karyawan korban PHK, hingga lulusan SMA ataupun lulusan yang berusia 18 tahun ke atas yang tidak sedang sekolah atau kuliah.

Namun, prioritas diberikan kepada pekerja muda pencari kerja muda. Pemerintah melihat, saat ini, sekitar 7 juta penduduk Indonesia belum mendapat pekerjaan.

Dari jumlah tersebut, 3,7 juta usianya antara 18 dan 24 tahun yang belum mendapat pekerjaan. Pekerja muda ini 64% tinggal di perkotaan dan 78% berpendidikan SMA ke atas.

"Pemerintah menyadari 90% dari mereka tidak pernah mengikuti pelatihan yang bersertifikasi. Oleh karena itu, kartu pekerja diperintahkan untuk mencari pencari kerja muda dan dengan bantuan pemerintah diharapkan tenaga kerja muda ini dapat lebih kompeten berdaya saing produktif," jelasnya.

Informasi lebih lanjut masyarakat mengakses website resmi www.kartuprakerja.go.id. (OL-1)

Baca Juga

Antara/Budi Candra Setya

Halau Dampak Covid-19 ke UMKM, Pemerintah Terbitkan 8 Kebijakan

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 03 April 2020, 21:11 WIB
Program pertama, pemerintah akan mengajukan stimulus daya beli produk UMKM dan...
Antara

Tiga Negara Siap Pasok Bawang Bombai

👤Antara 🕔Jumat 03 April 2020, 19:10 WIB
Dalam waktu dekat sebanyak 5.500 ton bawang bombai dari Selandia...
ANTARA

Telkomtelstra Gratiskan Layanan Teknologi untuk Bekerja di Rumah

👤Heryadi 🕔Jumat 03 April 2020, 18:02 WIB
Inisiatif ini ditujukan untuk mendukung sektor bisnis di Indonesia tetap berjalan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya